Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Bawaslu Sigi Intensifkan Penertiban APK

0 90

PALU EKSPRES, SIGI– Bawaslu Kabupaten Sigi terus menggenjot penertiban alat peraga kampanye (APK) yang melanggar ketentuan pemasangan.

Penertiban dilakukan di beberapa titik yang ada di Kabupaten Sigi. Seperti di Jalan Karanjalembah, di Bundaran Biromaru, di rumah ibadah, fasilitas umum dan di lokasi pendidikan.

Komisioner Bawaslu Sigi Agus Salim mengatakan, ratusan APK tersebut ditertibkan karena melanggar peraturan KPU tentang kampanye.

“Dalam peraturan KPU tentang pedoman pelaksanaan kampanye legislatif, APK tidak boleh dipasang di tempat-tempat antara lain jalan Karajalembah, jalan bebas hambatan, sarana dan prasarana publik, taman dan pepohonan,” ujarnya, Kamis 24 Januari 2019.

Penertiban APK oleh anggota Bawaslu Sigi. Foto: Istimewa

Agus mengatakan, sebelum melakukan penertiban terhadap APK tersebut, pihak Bawaslu Sigi telah melayangkan surat kepada masing-masing partai politik peserta pemilu 2019 di Kabupaten Sigi untuk menurunkan APK yang menyalahi aturan pemasangan. Namun hingga waktu yang diberikan, APK tersebut tidak kunjung diturunkan. Sehingga Bawaslu bersama Satpol PP Kabupaten Sigi langsung melakukan penertiban APK melanggar aturan tersebut.

“Untuk data sekarang ini, APK yang ditertibkan dan terbukti melanggar itu ada di angka 300, ” akunya.
Dia menambahkan, penertiban APK akan terus dilakukan di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Sigi dengan melibatkan panitia pengawas kecamatan setempat. “Karena banyak terjadi temuan pemasangan APK di wilayah pedesaan yang banyak melanggar,”jelasnya, kalau untuk APK yang sudah ditertibkan, selanjutnya akan dilakukan pendataan.

(mg4/palu ekspres)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.