Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Jelang UNBK di SMPN 12 Palu, Siswa Sudah Disiapkan Sejak Ujian Semester

0 114

PALU EKSPRES, PALU – Jelang pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2019, pihak SMP Negeri 12 Palu telah melakukan berbagai langkah strategis terkait kesiapan para peserta didiknya, utamanya terkait penggunaan komputer saat pelaksanaan ujian nantinya. Hal ini karena pada tahun ini SMPN 12 Palu kembali melaksanakan UN Berbasis Komputer (UNBK).

Penanggungjawab Urusan Kurikulum SMPN 12 Palu, Ranggoani Tadopa menyebutkan, langkah strategis tersebut adalah dengan membiasakan para peserta didik menggunakan komputer pada saat ujian. Ini dilakukan pada ujian semester genap tahun 2018 dan semester ganjil tahun 2019.

“Persiapannya sejak di semester genap lalu waktu mereka mau naik kelas (naik ke kelas IX-red), sudah digunakan sistem komputer. Jadi sudah dua semester pakai sistem ujian seperti itu,” kata Ranggoani, saat ditemui di SMPN 12 Palu, Selasa 22 Januari 2019.

Pada ujian semester tersebut, para peserta didik calon peserta UN diikutkan ujian berbasis komputer di tiap mata pelajaran yang akan diujikan pada UN nantinya. Sementara itu, terkait persiapan sarana dan prasarana, Ranggoani mengaku pihaknya saat ini juga sedang menunggu bantuan unit komputer dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu.

Bantuan tersebut diperlukan karena saat ini komputer yang dimiliki oleh SMPN 12 Palu masih merupakan komputer dengan spesifikasi lama, sehingga dibutuhkan komputer dengan spesifikasi terbaru untuk menunjang dan memudahkan pelaksanaan UNBK nantinya.

“Komputer yang kami miliki masih merupakan bantuan dari tahun 2012, jadi sering-sering di-install karena bermasalah, sudah ketinggalan spesifikasinya. Kalau server tidak ada masalah,” ujarnya lagi.

Ia mengungkapkan untuk pelaksanaan UNBK yang akan diikuti sebanyak 39 orang siswa, SMPN 12 Palu membutuhkan setidaknya 19 unit komputer untuk melaksanakan 2 sesi ujian.

“Sudah dilapor ke Dinas, dan Dinas juga sudah cek. Kita minta bantuan 8 unit saja, karena banyak sekolah lain yang butuh bantuan komputer,” tandasnya.

(abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.