Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Surat Suara Mulai Cetak Hari Ini

PEMILU 2019

0 90

PALU EKSPRES, JAKARTA– Surat suara Pemilu serentak 2019 mulai dicetak hari ini. Pencetakan itu dilakukan oleh enam perusahaan yang sudah memenangkan tender.

Komisioner KPU, Pramono Ubaid Tanthowi menjelaskan, keenam perusahaan itu ditugaskan untuk mencetak lima jenis surat suara. Yakni surat suara untuk Pilpres, Pileg DPR, DPD, dan DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

“Rencana tanggal 16, hari ini. Diproduksi enam perusahaan yang menangkan lelang,” kata dia saat ditemui di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (16/1/2019).

Untuk Pemilu tahun ini, KPU butuh surat suara sebanyak 939.879.651 lembar. Angka itu merupakan jumlah keseluruhan dari lima jenis surat suara.

Diharapkan Pramono, semua surat suara itu sudah bisa didistribusikan hingga ke tingkat kabupaten/kota pada Maret nanti.

“Kami perkirakan untuk produksi dan distribusi logistik dari pabrik sampai ke tingkat kabupaten/kota itu 60 hari, paling lama 70 hari selesai semua,” pungkasnya.

Adapun enem perusahan yang sudah menang tender pencetakan surat suara adalah, PT. Gramedia (Jakarta), PT. Balai Pustaka (Jakarta), PT. Aksara Grafika Pratama (Jakarta), PT. Temprina Media Grafika (Jawa Timur), PT. Puri Panca Pujibangun (Jawa Timur), dan PT. Adi Perkasa Makassar (Sulawesi Selatan).

(rus/rmol)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.