Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Tujuh Puskesmas di Parimo Akan Diakreditasi

0 143

PALU EKSPRES, PARIGI– Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), I Wayan Budiantara mengatakan, di tahun 2019 ini masih ada lima Puskesmas yang akan diakreditasi, yakni Puskesmas Lambunu II, Sidoan, Tomini, Sigenti dan Palasa.

“Jadi lima puskesmas itu nantinya yang akan diakreditasi tahun 2019 ini,” kata I Wayan yang dikonfirmasi Palu Ekspres di Parigi, Jumat (11/1/2019).

Menurut dia, di tahun sebelumnya ada dua puskesmas yang sudah terakreditasi, yakni Puskesmas Mepanga dan Parigi.

“Jadi total puskesmas yang akan diakreditasi tahun 2019 ini ada tujuh, lima yang baru dan dua yang sudah terakreditasi tapi diakreditasi lagi. Ya itu tadi, Mepanga dan Parigi,” jelasnya.

Akreditasi ini dilakukan sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 46 Tahun 2015 bahwa, Puskesmas yang telah terakreditasi akan dilakukan akreditasi kembali atau re-akreditasi setiap tiga tahun sekali.

Kemudian bagi Puskesmas yang telah terakreditasi pada tahun 2015, maka pada tahun ini akan diakreditasi kembali. Hal ini dilakukan agar puskesmas tidak jalan di tempat. Artinya, walaupun telah mendapatkan status terakreditasi namun tetap terus menerapkan prinsip peningkatan mutu yang berkesinambungan kepada pelayanan di masyarakat. Agar pelaksanaan re-akreditasi Puskesmas dapat berjalan optimal.

Ia menargetkan tahun 2019 ini harus diselesaikan karena di tahun sebelumnya, ada 12 Puskesmas yang ada di Parimo sudah selesai didampingi dan dilakukan survei.

“Nantinya kami akan melihat Puskesmas mana yang dinilai bagus pelayanannya, itu yang akan lulus,” ungkapnya.

I Wayan mengakui, tahun 2019 ini pihaknya akan fokus untuk menyelesaikan akreditasi tersebut. Sementara kegiatan yang lain tetap berjalan seperti biasa.

“Kalau akreditasi ditunda, BPJS tidak akan kerjasama lagi, makanya kita mengejar waktu akreditasi ini secepatnya selesai dan rencananya kami akan mulai penggalangan, Senin tanggal 14 Januari 2019,” jelas I Wayan.

(asw/palu ekspres)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.