Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Sudah ada Penumpang yang Membeli Bagasi Berbayar?

0 108

PALU EKSPRES, JAKARTA – Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti telah memerintahkan kepada PT. Lion Mentari Airlines dan PT. Wings
Abadi Airlines untuk memberikan sosialisasi kepada pengguna jasa
angkutan udara selama 14 hari sejak perubahan Standard Operating
Procedure (SOP) pelayanan penumpang kelas ekonomi angkutan udara niaga
berjadwal dalam negeri.

Polana mengatakan, berdasarkan hasil laporan dari Otoritas Bandar Udara
dan beberapa Unit Penyelenggara Bandar Udara bahwa kondisi di beberapa
bandara sampai saat ini masih berjalan normal dan lancar.

Meski begitu, Polana tetap meminta kepada semua pihak untuk terus
mensosialisasikan aturan baru ini baik lewat banner, spanduk ataupun
memberikan informasi melalui website dan media sosial.

“Laporan sementara dari pengelola bandar udara bahwa belum ada penemuan
penumpang yang membeli bagasi berbayar, kondisi aman dan lancar,” tutur
Polana.

Adapun salah satu langkah yang dilakukan oleh Otoritas Bandar Udara
untuk memastikan kondisi tetap aman dan lancar yaitu dengan menempatkan
personil security airline di area check in counter.

Polana berharap dengan adanya aturan baru yang diterapkan oleh PT. Lion
Mentari Airlines dan PT. Wings Abadi Airlines, kegiatan angkutan udara
tetap memprioritaskan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan.

Begitupun dengan memberikan kenyamanan kepada pengguna jasa angkutan
udara melalui pelayanan yang optimal harus terus ditingkatkan.

Ketentuan mengenai Bagasi Tercatat diatur dalam Pasal 22, Peraturan
Menteri Perhubungan Nomor PM 185 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan
Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri, di
mana setiap maskapai dalam menentukan standar pelayanan memperhatikan
kelompok pelayanan yang diterapkan masing-masing maskapai, termasuk
kebijakan bagasi tercatat. Pelayanan maskapai penerbangan terkait
penanganan bagasi tercatat disesuaikan dengan kelompok pelayanannya.
“Sebagaimana diketahui bahwa Lion Air dan Wings Air termasuk dalam
kategori pelayanan no frills atau pelayanan dengan standar minimum,
sehingga sesuai dengan PM 185 Tahun 2015 maskapai tersebut dapat untuk
menerapkan peraturan bagasi berbayar,” tandas Polana.

(chi/jpnn)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.