Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Tanoto Foundation Bangun Tiga Sekolah Tahan Gempa di Pasigala

0 104

PALU EKSPRES, PALU– Tanoto Foundation Indonesia juga turut berpartisipasi dalam membantu proses pemulihan akibat bencana di wilayah Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala (Pasigala). Bantuannya dalam bentuk rehabilitasi bangunan sekolah.

Tiga sekolah yang direkomendasikan adalah SDN 14 Inpres Kelurahan Pantoloan, Palu. SDN 05 Dolo Kabupaten Sigi dan SDN 13 Desa Lende Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala.

Program Manager Tanoto Foundation, Rahmat Setiawan, menyatakan, bantuan tersebut adalah bentuk kepedulian perusahaan dalam meringankan dampak bencana. Bantuan dalam bentuk rehabilitasi total bangunan sekolah diberikan karena perusahan memang fokus pada dunia pendidikan.

“Ini sebuah lembaga Filan tropy milik keluarga Sukamto Tanoto. Pengusaha global yang peduli dengan dunia pendidikan,”kata Rahmat, Kamis 10 Januari 2019.

Pembangunan sekolah ditiga wilayah terdampak jelas Rahmat akan menggunakan material baja ringan (ganavis steel). Material itu sebutnya bisa tahan terhadap rayap bisa mengontrol cuaca.

Sedangkan kontruksi dirancang dengan sistem bongkar pasang. Sehingga dengan material ganavis steel dan konstruksi bongkar pasang, maka sekolah itu nantinya akan tahap terhadap gempa bumi.

“Karena materialnya lebih ringan,”jelasnya

Sekolah yang akan direhab total tersebut menurut dia terpilih atas rekomendasi pemerintah setempat. Proses asessmen pun sudah dilakukan sejak dua pekan silam. Proses pembangunannya diperkirakan selesai pada awal Mei tahun 2019.

“Kita agak lama karena ada proses pengiriman material. Namun kami target itu selesai tepat pada tahun ajaran baru 2019 Mei,”sebutnya.

Rehabilitasi total bangunan sekolah dengan bahan demikian lanjut Rahmat menelan anggaran kurang lebih Rp37miliar. Program bantuan rehabilitasi sekolah dari perusahan dengan produk paper one ini menurutnya sudah dilakukan antara tahun 2009-2010 di wilayah Sumatera.

“Melihat bencana ini, kami tergerak untuk membantu pembangunan sekolah. Karena kami memang fokusnya pendidikan,”pungkasnya.

(mdi/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.