Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

4 Obat Alami Atasi Derasnya Darah dan Nyeri Haid

0 131

PALU EKSPRES – Biasanya kaum hawa mengalami jumlah darah haid atau menstruasi yang melimpah di hari pertama. Bukan hanya itu, rasa tak nyaman dan nyeri haid hari pertama datang bulan terkadang menyakitkan. Dan biasa perempuan menggunakan minuman atau obat penghilang nyeri.

Tapi, tanpa obat dan produk minuman, nyeri haid bisa diringankan dengan menggunakan bahan dapur. Boleh saja mencoba cara alami seperti dilansir dari Indian Express, Rabu (9/1/2019). Namun jika keluhan terus berlangsung, segera hubungi dokter.

Kompres Es Batu

haid, menstruasi, sakit saat menstruasi, obat sakit haid, obat sakit menstruasi, cara atasi sakit menstruasi,
Kompres perut dengan es batu pada bagian bawah selama 20 menit atau lebih (Istimewa)
Kompres perut dengan es batu pada bagian bawah selama 20 menit atau lebih. Lakukan beberapa kali sehari ketika perdarahan sangat berat. Ini akan membantu dalam mengatur aliran darah.

Suplemen Zat Besi

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa kadar zat besi yang rendah dapat meningkatkan perdarahan menstruasi. Konsumsi zat besi dapat mengurangi alirannya. Seperti makan bayam, tomat, telur, dan kacang merah.

Teh Kayu Manis

Jika menghadapi haid hebat, buatlah secangkir teh kayu manis hangat dan teguk perlahan. Cara ini diketahui mengurangi perdarahan karena mendorong aliran darah menjauh dari rahim. Sehingga mengurangi peradangan.

Peterseli

Menstruasi yang berat menyebabkan dua masalah utama yakni peradangan dan defisiensi besi karena kehilangan darah. Peterseli adalah makanan ajaib yang bisa mengatasi keduanya. Kaya akan vitamin C dan menyerap zat besi yang hilang. Antioksidan yang tersedia di peterseli mengurangi peradangan. Caranya bisa dengan mengunyah daun peterseli atau membuat sendiri segelas jus peterseli saat menstruasi berat.

(mar/jpc)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.