Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Atasi Abrasi, Pemerintah Desa Lebo Bangun Talud Pantai

0 51

PALU EKSPRES, PARIGI– Untuk menanggulangi abrasi yang terjadi di bibir pantai Desa Lebo Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong, Pemerintah Desa (Pemdes) setempat melakukan pembangunan talud sepanjang kurang 27 meter dengan anggaran Rp 129 juta lebih yang bersumber dari dana desa (DD).

Hal itu diungkapkan kepala Desa Lebo, Ridwan A. Bua kepada media ini di Parigi, Selasa (8/1/2019).

Menurutnya, prioritas penggunaan dana desa di bidang infrastruktur terus dimanfaatkan, salah satunya adalah untuk pencegahan terjadinya abrasi di bibir pantai melalui pembangunan talud.

“Pembangunan talud ini sudah berdasarkan musyawarah desa yang terus dilaksanakan,” ujarnya.

Dia mengatakan, pembangunan talud sepanjang 27 meter dan tinggi 1 meter itu, menjadi salah satu program penggunaan dana desa yang dikerjakan secara swakelola oleh masyarakat Desa Lebo.

Selain pembangunan talud kata dia, di Desa Lebo tepatnya di dusun II, juga dibangun empat plat deker dengan anggaran senilai Rp 24 juta lebih, serta jalan antar permukiman sepanjang kurang lebih 700 meter yang menelan anggaran sekitar Rp 158 juta.

“Jadi pekerjaan ini dikerjakan selama kurang lebih 60 hari,”sebut Ridwan.

Menurut Ridwan, hal ini sengaja dilakukan, mengingat yang akan menikmati ini adalah warga desa setempat. Pembangunan talud ini juga kata dia, disambut positif sebagai upaya mengatasi tingkat abrasi di desa tersebut.

Ridwan berharap, talud yang dibangun setinggi 1 meter itu dapat bermanfaat bagi warga desa Lebo. Sehingga dengan kehadiran talud itu, rumah warga aman dari terjangan ombak.

“Dan Alhamdulillah semua pembangunan infrastruktur ini sudah rampung pada bulan Desember 2018 kemarin,”ungkapnya.

(asw/palu ekspres)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.