Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Suku Bunga The Fed Tak Naik, Rupiah Perkasa ke Level 14.085

0 43

PALU EKSPRES, JAKARTA – Perdagangan nilai tukar mata uang rupiah makin perkasa hingga membuat dolar terkapar. Mengutip yahoofinance, rupiah menguat dilevel 14.085 terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Kurs tengah Bank Indonesia hari ini tercatatRp Rp 14.105 per USD. Sepanjang sebulan terakhir rupiah sudah menguat lebih dari 400 poin. Pada 7 Desember 2018, kurs tengah BI tercatat Rp 14.539 per USD.

Analis Samuel Sekuritas Ahmad Mikail, mengatakan, perkasanya Rupiah menyambut awal pekan ini masih memanfaatkan pelemahan dolar AS. Pasalnya indeks dolar sendiri diperkirakan melemah terhadap mata uang utama dunia lainya ke level 96.0-96.20.

“Rupiah kemungkinan mendapatkan sentimen positif dari pelemahan dolar tersebut,” ujarnya, Senin (7/1/2019).

Menurutnya, pelemahan dolar yang terjadi kali ini didorong oleh pernyataan Gubernur The Fed Jerome Powell pada hari Jumat bahwa The Fed akan lebih bersabar dalam menaikan tingkat suku bunga tahun ini.

“Pelaku pasar lebih melihat arah pergerakan ekonomi AS sebelum mengambil keputusan untuk kembali menaikan tingkat suku bunga,” tuturnya.

Seperti diketahui, tingkat upah rata-rata per jam di AS bulan Desember tercatat naik menjadi 3,2 persen (yoy) lebih tinggi dibandingkan dengan November sebesar 3,1 persen (yoy) ternyata tidak berdampak banyak terhadap dollar AS.

Sementara itu kemungkinan perundingan perdagangan antara AS-Tiongkok pada tanggal 7-8 Januari di Beijing diperkirakan akan semakin memperlemah dolar.

(rom/jpc)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.