Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Pemkot Palu Finalisasi Data Korban Bencana

0 129

PALU EKSPRES, PALU– Hasil pendataan korban bencana berbasis kelurahan di Kota Palu mulai direkapitulasi. Seluruh laporan yang masuk ditingkat kelurahan akan disinkronisasi dengan data sementara yang berada di tangan organisasi perangkat daerah (OPD).

Finalisasi data ini mulai dilaksanakan Jumat 4 Januari 2018 di Kantor Wali Kota Palu.
Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkot Palu, Yohan Wahyudi menjelaskan, pendataan dampak bencana sebelumnya dilakukan masing masing OPD dengan membawahi beberapa kelurahan. Pendataan itu meliputi jumlah korban meninggal dunia dan hilang.

Pengungsi di hunian sementara (Huntara). Termasuk mendata jumlah dan tingkat kerusakan rumah warga dan gedung perkantoran karena bencana. Serta titik pengungsian dan jumlah pengungsi masing-masing kelurahan.
“Hari ini (Jumat) seluruh data akan disesuaikan masing-masing kepala OPD penanggung jawab dan kelurahan. Selanjutnya ditetapkan,”jelas Yohan, Jumat 4 Januari 2018.

Yohan menjelaskan hasil dari finalisasi data tersebut nantinya akan diserahakan ke pemerintah pusat. Data itu akan menjadi rujukan bagi setiap kebijakan pemerintah dalam masa pemulihan dan rehabilitasi.
“Ini syarat dari pemerintah pusat. Untuk kepentingan rehabilitasi. Kita harus punya data valid by name by address,”jelas Yohan.

Basis data yang digunakan selama ini jelas Yohan masih bersifat sementara. Karenanya Wali Kota Palu, sebelum finalisasi tersebut mengeluarkan pengumuman resmi untuk validasi data itu ditingkat Kelurahan. Agar warga yang merasa belum terdata bisa segera melapor ditingkat Kelurahan sesuai alamat domisilnya.
“Namun dari hasil finalisasi data ini, Pemkot juga akan menunggu petunjuk lebih jauh dari pemerintah pusat,”terang Yohan.

Data itu nantinya akan ditetapkan dengan ditandai penandatanganan berita acara antara Kepala OPD penanggung jawab kelurahan, pejabat Camat dan Lurah.

(mdi/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.