Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Gelombang 4 Meter di Perairan Sulsel, BMKG Surati ASDP

0 75

PALU EKSPRES, MAKASSAR – Balai Besar Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengimbau, seluruh penyedia layanan jasa pemberangkatan khususnya laut, agar sementara waktu mengurangi aktifitas di kawasan-kawasan rawan gelombang tinggi.

Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa BMKG Wilayah IV Makassar Siswanto mengatakan, imbauan dalam bentuk surat elektronik ini disebar ke berbagai instansi pemerintahan. Khususnya lagi untuk penyedia jasa Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) se-Sulsel.

“Ya informasi ini juga kita langsung rilis ke teman-teman (ASDP) dan kita update setiap harinya untuk menginformasikan kepada teman-teman intansi lainnya,” kata Siswanto, saat memberikan keterangan di Kantornya, Jumat (4/1/2019).

Siswanto menjelaskan, kondisi cuaca ekstrem di puncak musim penghujan dalam Januari ini akan sangat berdampak terhadap kondisi gelombang laut. Khusus di perairan Sulsel bagian selatan, ketinggian gelombang disebutkan mencapai 3 hingga 4 meter.

Kondisi itu disebutkan Siswanto akan bertahan hingga dua hari ke depan di pekan ini. Situasi dinyatakan akan sangat berpengaruh terhadap aktifitas jasa pelayaran angkutan umum. Mengingat kondisi cuaca yang cukup ekstrem.

“Fase Januari ini sudah memasuki fase puncak penghujan kita memprediksikan seperti itu. Karena berdasarkan dinamika atmosfir di Sulsel, terjadi perubahan signifikan baik labilitas maupun kondisi iklim sendiri,” jelasnya.

Imbauan ini lanjut Siswanto, diharapkan dapat menjadi perhatian serius terhadap seluruh pelaku penyedia angkutan jasa pelayaran.

“Terutama otoritas penyebrangan laut hati-hati dalam melakukan penyeberangan, kemaritiman di wilayah perairan Sulsel. Begitu juga masyarakat karena ini berpotensi berbahaya,” tutup Siswanto.

(Syahrul Ramadan/jpc/pe)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: