Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Kuwait Berjanji Beri Bantuan Huntap untuk Korban Gempa Pasigala

0 148

PALU EKSPRES, PALU– Ribuan masyarakat kota Palu Kabupaten Sigi dan Donggala (Pasigala) menerima bantuan program peduli korban gempa bumi, tsunami dan likuifaksi dari Tim Pemerintah Kerajaan Kuwait, Kamis 3 Januari 2019.

Bantuan dalam bentuk paketan bahan pokok dan perlengkapan bayi dan ibadah itu diserahkan di lapangan Vatulemo Palu. Masyarakat terlebih dahulu menunjukkan lembaran kupon yang sebelumnya dibagikan pada sekitar 5000 warga Pasigala.

Penyerahan bantuan dihadiri Asisten Administrasi Pemerintahan Hukum dan Politik Moh Faisal Mang mewakili Gubernur Sulteng. Faisal mengapresiasi dan penghargaan kepada Pemerintah Kerajaan Kuwait akan kepeduliannya terhadap bencana gempa yang terjadi di Pasigala.

Menurutnya program peduli Pasigala yang digagas Yayasan Baitul Alkhairiyah sebagai bentuk panggilan jiwa kemanusiaan yang tulus ikhlas untuk membantu sekaligus meringankan beban derita korban bencana.

Program peduli Pasigala ia harap menjadi obat pelipur lara yang mujarab untuk mengurangi beban derita warga Pasigala.

“Kepada para dermawan kiranya mendapatkan pahala yang berlipat lipat dari Allah SWT,” kata Faisal Mang.

Gubernur berharap program peduli Pasigala agar tepat sasaran dan diberikan kepada mereka yang betul-betul berhak.

Sementara itu Direktur Bank Ta,am Salem A.S Al Hamer dalam sambutannya terlebih dahulu menyampaikan salam hangat dari His Highnes The Amir of Kuwait Sheikh Sabah Al Ahmad Al Jaber Al Sabah.

Al Hamer menyampaikan keprihatinannya akan musibah yang telah melanda kota Palu, Sigi dan Donggala. dirinya berharap Sulawesi Tengah dapat segera bangkit.

Pihaknya juga menyampaikan penghargaan atas sambutan hangat dari Gubernur, Walikota dan masyarakat Sulteng.

Al Hamer berharap bantuan yang diberikan kiranya bermanfaat dan dapat digunakan sebaik-baiknya. Diapun berjanji tetap akan memberikan bantuan. Tapi nantinya  hunian tetap dan tempat ibadah.

Hadir pada kesempatan itu Walikota Palu,  Hidayat, M.Si, Ketua DPRD Kota Palu, Drs. Ishak Car M.Si, perwakilan Yayasan Baitul Al khairiyah Kuwait Abdullah Raja Farhan  O Al Mayyah, Bendahara Bank Ta,am Ahmad Saleh M Elsayed,  Direktur Utama Yayasan Baitul Al Khaira Indonesia Nadya Abdu Sodiq Salim Bawazier, serta pejabat terkait lainnya

Wali Kota Palu Hidayat dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kerajaan Kuwait atas bantuan kemanusiaan tersebut.

Menurutnya, bantuan ini menandakan bahwa kepedihan yang dialami para korban bencana tidak hanya dirasakan di Sulteng ataupun Indonesia saja. Akan tetapi juga turut dirasakan masyarakat dunia.

Pemerintah kota Palu bersama DPRD kata Hidayat juga telah menyiapkan anggaran untuk logistik bagi masyarakat Kota Palu yang berada di Shelter Pengungsian. Selain itu juga, pihaknya akan mempercepat pembangunan Hunian Tetap (Huntap) pada tahun 2019 ini. Meskipun, katanya Pemerintah Pusat baru menetapkan lokasi pembangunan Huntap bagi masyarakat begitupun dengan Gubernur Sulawesi Tengah, Bpk. Longki Djanggola.

Wali Kota juga mengajak Pemerintah Kerajaan Kuwait untuk sama-sama berpartisipasi dalam pembangunan Huntap bagi masyarakat.

Karena pada tahun ini Pemkot akan membangun sekitar 2.000 – 3.000 Huntap yang merupakan bantuan dari berbagai pihak.

Karenanya Ia berharap agar masyarakat kota Palu saling bahu-membahu untuk mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi. InsyaAllah dengan kebersamaan yang terjalin bisa membuat percepatan pemulihan seluruh aspek kehidupan di kota Palu.

(humas/palu ekspres).

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.