Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Integrasikan Mitigasi Bencana ke Kegiatan Ekskul

0 25

PALU EKSPRES, PALU – Pemerintah Kota Palu melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Palu, terus mengupayakan integrasi muatan mitigasi bencana ke dalam proses pembelajaran di tiap sekolah.

Kepala Disdikbud Kota Palu, H. Ansyar Sutiadi menyebutkan, pihaknya saat ini sedang berada pada tahap penyelesaian konsep terkait hal itu.
“Masih penyelesaian konsep untuk mengintegrasikan ke pelajaran. Insyaallah di tahun pelajaran 2019-2020 ini sudah bisa kita laksanakan,” kata Ansyar, saat dihubungi, Rabu 2 Januari 2019.

Ia menjelaskan, pengintegrasian tema mitigasi bencana ke beberapa mata pelajaran dan tema pembelajaran diterapkan mulai dari jenjang SD hingga SMP. Menurutnya, penerapan ini nantinya tidak akan menambah jam pelajaran terkait.
“Kita integrasikan ke dalam pelajaran, misalnya di pelajaran IPA nanti kita bagaimana.

Bahkan kita coba juga nanti permainan-permainan untuk di tingkat TK,” lanjutnya.
Selain itu, para peserta didik di seluruh sekolah di Palu juga akan dibekali dengan pengetahuan sejarah dan kearifan lokal terkait lingkungan sekitarnya. Hal ini dimaksudkan agar para peserta didik dapat mengenali dan memahami kerawanan yang ada di lingkungan sekitarnya masing-masing.
“Kemudian misalnya proses-proses penyelamatan diri melalui visualisasi, nanti kita tayangkan di sela-sela pembelajaran, itu kan tidak membutuhkan waktu panjang, hanya sekitar 5-10 menit saja,” imbuhnya.

Selain itu, ia menyebutkan pihaknya juga akan beupaya mengintegrasikan muatan mitigasi bencana ke dalam kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) di sekolah-sekolah, dalam bentuk simulasi. Ansyar mencontohkan, melalui kegiatan-kegiatan Pramuka dapat dimasukkan simulasi-simulasi yang mengasah kemampuan para peserta didik dalam menghadapi bencana.
“Sehingga baik visualisasi dan simulasi semuanya mereka dapatkan, karena tujuannya menambah keterampilan,” tandasnya.

(abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.