Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Gunung Agung Erupsi, Hujan Abu Papar Kota Amlapura

0 156

PALU EKSPRES, DENPASAR – Berdiam diri selama berbulan-bulan, Gunung Agung akhirnya kembali erupsi, Ahad (30/12/2018) dini hari pukul 04.09 Wita.

Erupsi itu pada pagi buta itu membuat warga di area lereng Gunung Agung terkejut. Mereka tidak mengira gunung tertinggi di Bali itu kembali erupsi untuk kali kesekian setelah sekian lama tidur.

Berdasar laporan BPBD Karangasem, pascaerupsi, hujan abu terjadi di lereng gunung. Beberapa desa di radius 0 – 20 km dari Gunung Agung terpapar hujan abu.

Dilaporkan, hujan abu ringan terjadi di Banjar Dinas Uma Anyar Ababi bagian barat. Kota Amlapura yang beradius 20 km dari Gunung Agung terpapar hujan abu ringan.

Sementara Desa Seraya Barat dan Tengah, Banjar Dinas Ujung Pesisi, Lingkungan Pesagi dan Pebukit, Desa Tegallalingan dan Kantor BPBD terpapar hujan abu ringan.

Yang paling terdampak adalah Banjar Dinas Butus, Desa Bhuana Giri. Dilaporkan di desa ini terpapar hujan abu sedang.

“Berdasar hasil koordinasi dengan Kepala Desa Ban dan Desa Dukuh, Gunung Agung terpantau cerah dan tidak terpantau ada asap keluar dan hujan abu,” kata staf BPBD Karangasem.

Pantauan terakhir, langit di atas Gunung Agung dan Desa Jungutan, Bebandem, tertutup mendung tebal. Masyarakat Karangasem sendiri tetap beraktivitas seperti biasa dan tidak ada kepanikan.

(rb/mus/mus/JPR)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.