Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Ketua RT di Lasoani Berinisiatif Bangun Aula Rembuk Warga

0 118

PALU EKSPRES, PALU– Ketua Rukun Tetangga (RT) 05 Rukun Warga (RW) 01 Kelurahan Lasoani Kecamatan Mantikulore Palu, M Sabil, patut diacungi jempol.
Dia berinisiatif membangun aula pertemuan warga di halaman rumahnya dengan dana pribadi.

Inisiatif itu ia lakukan sebagai upaya mempererat silaturrahmi warganya. Selain itu, aula nantinya akan digunakan sebagai sarana kepentingan umum lainnya.

“Kebetulan ada sedikit lahan sisa di halaman rumah. Ini yang saya pakai untuk membangun ruangan pertemuan tersebut,”ungkap Sabil, yang ditemui di rumahnya, Jalan Suralele RT 05 RW 01 Kelurahan Lasoani Palu.

Menurut Sabil, lingkungan yang ia pimpin merupakan kompleks pemukiman baru yang dibangun pengemban perumahan. Banyak warga yang belum saling mengenal. Dengan adanya ruang pertemuan itu, kedepan dirinya akan melaksanakan rutinitas rembuk warga untuk membahas berbagai macam hal.

“Misalnya bagaimana upaya kita menjaga keamanan lingkungan dengan pola siskamling. Ini harus dibahas bersama warga lain,”ujarnya.

Selain sebagai ruang pertemuan, aula yang ia bangun juga ia rencanakan menjadi tempat latihan bagi remaja islam masjid (Risma). Sebagai tempat belajar mengajar mengaji bagi anak usia dini.

“Kebetulan pula istri saya mengurusi salah satu lembaga pendidikan anak usia dini,”ujarnya.

Di aula itu nantinya sebut M Sabil, juga menjadi pusat data warga yang berdomisili di sekitar RT yang ia ketuai. Sehingga memudahkan apabila ada program program sosial pemerintah yang membutuhkan data valid.
“Basis data nama dan alamat dan jumlah. Termasuk akan saya pisahkan data warga berdasarkan agama masing-masing,”sebutnya.

Sejauh ini pembangunan aula itu tambah M Sabil sedang berjalan. Seluruh bahan bangunan termasuk biaya tukang, ia akui menggunakan dana pribadi.

Dia berharap upaya yang dilakukan itu bisa mendapat perhatian pemerintah. Setidaknya dapat memberi bantuan untuk mempercepat penyelesaian ruang pertemuan itu. “Kalau ada yang bersedia membantu, ya kami terima. Semoga ada yang bersedia,”pungkasnya.(mdi/palu ekspres).

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.