Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Uji Ketahanan Kotak Suara dari Karton, Semprotkan Air dari Dekat

0 89

PALU EKSPRES, JAKARTA – Kotak suara Pemilu 2019 kerap disangsikan kekuatannya. Apalagi kotak suara itu terbuat dari karton. Menjawab keraguan publik itu, Ketua KPU Arief Budiman menggelar uji coba di hadapan awak media.

Kotak suara diuji dengan semprotan air keran di depan media center KPU. “Kalau kamu mencobanya pakai semprotan hidran, itu namanya kurang kerjaan,” canda dia menjelang uji coba.

Dengan slang, Arief menyemprot kotak suara itu dari jarak dekat selama hampir satu menit. Hasilnya, kotak suara tersebut hanya basah di bagian luar. Saat diraba, hanya bekas air yang basah. Air tidak terserap bahan karton. Bagian dalam kotak setebal 0,5 sentimeter itu tetap kering.

Menurut Arief, kotak suara itu dipastikan kuat dan aman bila digunakan sesuai dengan peruntukan. Yakni, tempat menampung surat suara. “Jangan kemudian ada kebakaran, lalu kotak ini dijadikan pelindung. Ya pasti jebol,” lanjut mantan anggota KPU Jawa Timur tersebut.

Untuk keperluan pileg, beban yang ditanggung kotak suara diperkirakan 3-4 kilogram. Untuk pilpres, beban hanya sekitar 1,5 kilogram. Kotak suara tersebut sudah lulus uji beban dan tidak akan rusak meskipun dibebani manusia seberat 70 kilogram. Untuk membuktikannya, Arief juga menduduki kotak suara itu.

(byu/c11/oni)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.