Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

MDMC Sulteng Dilatih Tingkatkan Wawasan Kebencanaan

0 137

PALU EKSPRES, PALU – Para pengurus Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Sulawesi Tengah, mengikuti Training of Trainer (ToT) di Universitas Muhammadiyah, 12-14 Desember 2018.

Dalam kegiatan yang dipandu langsung fasilitator dari MDMC PP Muhammadiyah tersebut, para pimpinan MDMC Sulteng diarahkan untuk meningkatkan wawasan terkait kebencanaan.
“Kita diberikan pengetahuan tentang kebencanaan, mulai dari pra hingga pascabencana,” kata Ketua MDMC PW Muhammadiyah Sulteng, Moh. Misbahuddin, ditemui di sela-sela kegiatan, Jumat 14 Desember 2018.

Ia menegaskan, wawasan kebencanaan sangat penting didalami oleh segenap unsur MDMC, sebagai lembaga yang memiliki fungsi pada penanggulangan bencana. Olehnya, ToT yang diikuti menurutnya merupakan bekal yang sangat penting bagi MDMC Sulteng, yang baru saja dikukuhkan beberapa waktu lalu.

Dalam pelatihan tersebut, peserta yang merupakan unsur pimpinan MDMC PW Muhammadiyah Sulteng, diberikan berbagai materi terkait kebencanaan, seperti mitigasi dan pengurangan risiko bencana, pemetaan kerentanan bencana, psikososial, serta manajemen pos pelayanan.
“Materi-materi itu menjadi bekal kami nantinya, jika turun langsung dalam penanganan bencana. Apalagi, kalau relawan dari luar Sulteng ini sudah selesai masa tugasnya, maka pengelolaan pascabencana Pasigala di fase-fase mendatang menjadi tugas kami,” jelas Misbahuddin.

Selain itu, Misbahuddin menyebutkan, ke depan pihaknya dituntut untuk segera melakukan pemetaan potensi bencana di beberapa daerah lainnya di Sulteng, serta segera melakukan koordinasi dengan pimpinan-pimpinan Muhammadiyah di seluruh daerah di Sulteng, untuk membentuk MDMC tingkat Pimpinan Daerah sebagai bagian dari langkah antisipasi tanggap bencana.

(abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: