Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

DTPHP Parimo Dapat Kucuran Dana Miliaran Rupiah

0 150

PALU EKSPRES, PARIGI – Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (DTPHP) Parimo, mendapat kucuran dana Hibah dari International Fund For Agricultural Development (IFAD) senilai Rp 15,041 Miliar.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Parimo, Nelson Metubun kepada media ini di Parigi, Kamis (13/12/2018).

Menurutnya, dana tersebut akan digunakan untuk mendukung peningkatan kesejahteraan keluarga petani kecil di perdesaan. Perjanjian dana hibah disepakati, Rabu (12/12/2018), oleh Kementrian Keuangan RI di Jakarta.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, Nelson Metubun, mengatakan, pemberian dana hibah merupakan hasil usaha Bupati Parimo untuk mendapatkan kucuran anggaran Pemerintah Pusat demi kesejahteraan masyarakat petani kecil di daerah ini.

“Ini adalah upaya dan kerja keras Bupati kita untuk kesejahteraan para petani di Parigi Moutong,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pengelolaan dana Hibah tersebut dilakukan sesuai dengan ketentuan persyaratan dan peraturan perundang undangan terkait Hibah daerah, peraturan Menteri Keuangan nomor 224/PMK.07/2017 tentang pengelolaan hibah dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah.

Kemudian pedoman pelaksanaan ditetapkan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, yang merupakan bagian tak terpisahkan dari Perjanjian dana Hibah tersebut.

Sekaitan hal itu, Bupati Parimo, Samsurizal Tombolotutu berharap, dengan adanya dana hibah ini, bisa meringankan sedikit beban kehidupan bagi para petani kecil. Sehingga, nantinya petani kecil semakin sejahtera dan giat melakukan pekerjaan, untuk membantu keluarganya serta dapat meningkatkan hasil pertanian di daerah ini.

(asw/palu ekspres)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.