Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Kajati Sulteng Beri Kuliah Umum di Untad

0 137

PALU EKSPRES, PALU – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Provinsi Sulteng, Muh. Rum, berkesempatan memberikan kuliah umum di hadapan civitas akademika Universitas Tadulako (Untad), di Aula Fakultas Kedokteran Untad, Jumat 7 Desember 2018.

Dalam kuliah umumnya, Muh. Rum mengajak civitas akademika Untad serta para aparatur pemerintahan, untuk menghindari perilaku korupsi sebagai bagian dari tugas utama memberi kontribusi bagi negara.

“Mungkin kita secara pribadi tidak langsung bersinggungan, tapi kontribusi terhadap negara harus nomor satu. Jadi tidak ada toleransi terhadap korupsi,” kata Muh. Rum.

Menurutnya, perilaku korupsi telah menjadikan bangsa Indonesia hancur lebur, sehingga perilaku tersebut mau tidak mau telah menjadi musuh bersama segenap masyarakat bangsa Indonesia. Ia menegaskan, perilaku korupsi dapat dicegah jika seluruh pihak telah taat asas, taat hukum serta melaksanakan tugas dengan mengedepankan kepentingan negara.

“Korupsi tidak susah memberantasnya, kalau kita punya komitmen yang sama dan memberi contoh keteladanan,” tegasnya

Kuliah umum tersebut merupakan salah satu bagian dari peringatan Hari Antikorupsi Internasional, yang diperingati setiap tanggal 9 Desember. Wakil Rektor Untad bidang Akademik, Prof. Dr. Sutarman Yodo menyebutkan, tema kuliah umum “Melangkah Pasti Cegah dan Berantas Korupsi” tidak hanya ditujukan kepada aparat penegak hukum saja. Melainkan juga kepada aparat pemerintahan, yang bertugas dalam pengelolaan keuangan negara.

“Dalam tema ini ada keniscayaan untuk tercapainya tujuan pembangunan yang kita cita-citakan,” ujar Sutarman.

Selain dihadiri para pimpinan, pegawai, dosen dan mahasiswa Untad, kuliah umum tersebut juga diikuti para kepala daerah di Sulteng, seperti Bupati Donggala, Kasman Lassa dan Bupati Sigi, Irwan Lapata, serta unsur-unsur Kejaksaan Tinggi Sulteng dan Kejaksaan Negeri Palu.

(abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.