Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Pusdatina Minta Kabupaten/Kota Finalkan Data Pengungsi

0 125

PALU EKSPRES, PALU– Memasuki bulan ketiga pascabencana publik mulai mempertanyakan data pengungsi. Sejauh ini, Pusat Data informasi bencana (Pusdatina) yang dibentuk pemerintah provinsi masih terus lakukan validasi data. Data dipasok dari kabupaten/kota terdampak bencana, 28 September 2018. Pusdatina menjadi penampungan data kemudian divalidasi untuk kemudian disajikan ke publik serta menjadi acuan pemerintah dalam mengeluarkan kebijakan penanganan pengungsi.

Sekretaris daerah Drs Mohamad Hidayat selaku ketua Pusdatina menjelaskan Pusdatina masih terus melakukan validasi. Tim validasi Pusdatina dibantu NGO dan Lembaga Lembaga Internasional OCHA dan IOM ( Lembaga PBB ) terus melakukan validasi data dengan berkoordinasi dengan kabupaten/kota selaku sumber data.

Menurut Sekda, data ini penting untuk benar- benar divalidasi untuk memastikan akurasi data agar tidak terjadi ketimpangan di kemudian hari.
Mengapa validasi dan penyajian terlambat, diakui Sekda semua data dari kabupaten/kota terdampak belum final. Pemerintah provinsi selaku pengendali penanganan bencana di provinsi sangat ingin segera memastikan data tersebut. Namun kepastian data kata Sekda harus benar-benar valid dari bawah. Mulai dari tingkatan RT, Keluarahan/Desa hingga ke tingkat atas kemudian divalidkan di tingkat provinsi.

Untuk itu Sekda meminta kabupaten kota segera menyiapkan data yang benar- benar siap by name by address untuk disajikan ke Pusdatina.
“Kami ingin segera menyajikan data yang valid,” tegasnya.

(humas)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.