Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Gebyar Paud di Parimo Dimeriahkan Ribuan Siswa

0 76

PALU EKSPRES,  PARIGI– Sebanyak 3500 siswa se-Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) memeriahkan Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) 2018 bertempat di Lokasi Taman Raja Tombolotutu Kecamatan Tinombo, Rabu (28/11/2018).

Ribuan siswa yang memeriahkan Gabyar Paud bertema “Keluarga Hebat Keluarga Terlibat itu, berasal Taman Kanak-Kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), Tempat Penitipan Anak (TPA), Satuan Paud Sejenis (SPS).

Gebyar Paud 2018 ini dirangkaikan dengan peluncuran program Pendidikan Keluarga yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Parimo, Badrun Nggai.

Bunda Paud Kabupaten Parigi Moutong, Noor Wachida S.Tombolotutu dalam sambutannya mengatakan, keluarga adalah pendidik yang pertama dan utama untuk menciptakan anak jenius di Parigi Moutong, menjadi gesit, hebat, empati, berani, unggul, dan sehat.

“Oleh karena itu keluarga menjadi sangat penting dilibatkan pada satuan paud, melalui kegiatan parenting paud kita dapat bersama mewujudkan paud holistik dan integrativ, atau paud berkualitas dengan melibatkan orang tua,”ujarnya.

Menurutnya, dengan pemenuhan hak dasar, anak berhak untuk mendapatkan hak pendidikan, kesehatan, perawatan, gizi, perlindungan, pengasuhan, serta hak kesejahteraan. Karena orang tua adalah sebagai pendidik pertama dan utama.

Berdasarkan laporan Dinas Pendidikan kata dia, hingga saat ini telah dilakukan usaha-usaha pelibatan orang tua, yaitu pada hari pertama masuk sekolah, dan telah dilaksanakan seminar orangtua di satuan pendidikan, serta pentas akhir tahun.

“Untuk pertama masuk sekolah dan kegiatan pentas akhir tahun telah dilaksanakan seluruhnya di satuan paud secara serentak di kabupaten Parigi Moutong,”ungkapnya.

Sedangkan untuk kegiatan parenting hingga saat ini telah melibatkan 4.139 peren dan terus dilaksanakan di seluruh satuan paud di Kabupaten parimo.

Dia mengatakan, Paud adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan yang lebih lanjut.

(asw/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.