Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Kwarcab Pramuka Palu Bagikan Donasi Pramuka Cilandak

Terimakasih Pramuka Cilandak

0 179

PALU EKSPRES, PALU– Bencana di Palu Sulawesi Tengah juga turut mengetuk empati segenap pengurus dan anggota pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Cilandak Jakarta Selatan.

Mereka berinisiatif menggalang donasi dalam jajaran pengurus dan anggota. Terhimpun sedikitnya dana Rp100juta dalam waktu tidak terlalu lama. Donasi itu kemudian mereka antar langsung ke Kota Palu sebagai bentuk empatinya.

“Ketua Kwarran Pramuka Cilandak yang langsung mengantar ke Palu,”jelas Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Palu, H Nanang.

Bantuan tersebut kata H Nanang selanjutnya disalurkan dalam bentuk uang tunai kepada seluruh anggota pramuka yang terdampak langsung bencana. Menurut dia, sedikitnya 200 anggota pramuka Kwarcab Palu terdata menjadi korban. Dari tingkat siaga, penggalang, pembina dan penegak. Bahkan delapan diantaranya meninggal dunia.

“Kepada keluarga anggota pramuka yang meninggal kami berikan masing -masing Rp500 ribu,”ungkap H Nanang.

Sedangkan bagi anggota pramuka yang lain,pihaknya menyalurkan bantuan itu masing-masing Rp250ribu per orang.

Anggota DPRD Palu dari Fraksi PKB ini menjelaskan, sedianya donasi itu akan diberi dalam bentuk logistik. Awalnya akan dibelanjakan kelengkapan seragam  pramuka dan bahan pangan. Rencana itu urung karena dianggap kurang efisien.

“Kalau kita beli seragam, takutnya ada yang kekecilan dan longgar. Bila makanan, kami rasa sudah cukup dari pihak lain. Karena itu putuskan dalam bentuk uang tunai saja. Agar mereka bisa manfaatkan bantuan itu sesuai kebutuhan,”sebutnya.

Selain disalurkan ke anggota, amanah dari Kwarran Cilandak lanjut dia juga diberikan bagi jajaran pengurus. Menurut dia, banyak pula jajaran pengurusnya yang menjadi korban langung saat bencana terjadi.

“Kami sangat berterimakasih atas bantuan ini. Semoga amanah dari Kwarran Cilandak bisa membantu anggota kami kembali bersemangat. Karena anggota pramuka itu adalah orang orang kuat,”pungkasnya.

Penyaluran bantuan dilaksanakan di Kantor Pramuka Kwarcab Palu, Jalan Cendrawasih, Sabtu sore 24 November 2018. Selain bantuan uang tunai, anggota pramuka Kwarcab Palu rencananya juga akan menerima bantuan seragam pramuka dari pengurus Kwartir daerah (Kwarda) Sulteng.

Bantuan dari Kwarda Sulteng itupun merupakan donasi seluruh anggota pramuka di tingkat kawatir nasional.
(mdi/palu ekspres).

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.