Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

15 Jurnalis Raih Penghargaan Anugerah Jurnalistik DSLNG 2018

0 125

 

PALU EKSPRES, LUWUK- Sebanyak 15 jurnalis berhasil meraiih penghargaan dalam Anugerah Jurnalistik DSLNG (AJD) 2018. Ajang kompetisi ini mendorong para jurnalis dan media massa di wilayah Sulawesi Tengah untuk menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas, bermanfaat, dan berdampak positif bagi publik, termasuk industri migas.

Acara penyerahan penghargaan kepada para pemenang dilangsungkan pada Sabtu (17/11/2018) di Luwuk, dihadiri oleh Bupati Banggai Herwin Yatim, jajaran Forkompinda Kabupaten Banggai, Direktur Urusan Korporasi PT Donggi-Senoro LNG Aditya Mandala, para finalis dan jurnalis dari Sulawesi Tengah.

Direktur Urusan Korporasi DSLNG Aditya Mandala dalam sambutannya menyampaikan AJD adalah bentuk nyata peran serta DSLNG dalam mendorong dan mendukung upaya peningkatan kapasitas jurnalis di Sulawesi Tengah.

Ajang kompetisi yang digelar bekerja sama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palu, mengambil tema “Peran Industri Migas dan DSLNG dalam Mendorong Pertumbuhan Daerah dan Pengembangan Masyarakat”. Kegiatan yang dihelat selama periode Maret-Oktober 2018 ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Perayaan Ulang Tahun ke-10 DSLNG.

Ada empat kategori yang dilombakan, yaitu kategori berita (news) media cetak, kategori berita media online, kategori berita kisah (feature) media cetak, dan kategori berita kisah media online.

Berdasarkan Surat Keputusan Dewan Juri Anugerah Jurnalistik DSLNG 2018 Nomor 001/AJD/KEP/XI/2018 para pemenang untuk Kategori Berita Media Cetak, Juara Satu diraih Alisan dari Luwuk Post, Juara Dua Tasman Banto dari Mercusuar, Juara Tiga Zainuddin Abidul dari Obor Motindok, Juara Harapan Satu Hangga Nugracha dari Sulteng Raya, dan Juara Harapan Dua Indar Ismail dari Mercusuar.

Untuk Kategori Berita Media Online, Juara Satu diraih Sarifah Latowa dari Kabar Selebes, Juara Dua Muhajir Badjeber dari Transsulawesi, Juara Tiga Stepensopyan Pontoh dari Antara News, Juara Harapan Satu Muhammad Yamin dari Media Alkhairaat Online, dan Juara Harapan Dua Syahril Hantono dari Radar Sulteng Online.

Untuk kategori berita kisah media cetak, Juara Satu diraih Tasman Banto dari Mercusuar, Juara Dua Indar Ismail dari Mercusuar, Juara Tiga Yardin Hasan dari Palu Ekspres, Juara Harapan Satu Kartini Nainggolan dari Mercusuar, dan Juara Harapan Dua Agung Sumandjaya dari Radar Sulteng.

Untuk Kategori Berita Kisah Media Online, Juara Dua Fauzi Lamboka dari Antara News, Juara Tiga Tasman Banto dari Mercusuar, Juara Harapan Satu Agus Panca Saputra dari Sulteng Terkini, dan Juara Harapan Dua Muhajir Badjeber dari Transsulawesi.

Di Malam AJD 2018, DSLNG juga memberikan apresiasi kepada keluarga almarhum Soeria Lasny, tokoh pers di Sulawesi Tengah, atas pengabdiannya yang menginspirasi dengan dedikasi yang tinggi untuk kemajuan dunia jurnalistik sepanjang hidup.

Tim juri AJD 2018 terdiri dari perwakilan jurnalis senior yaitu Rolex Malaha dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Muhammad Iqbal dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palu, Hasan Muhamad dari kalangan akademisi, Mohammad Isnaeni Muhidin dari kalangan pegiat literasi, dan Doty Damayanti dari DSLNG sebagai pelaku industri migas. (***)

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.