Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Kualitas Bangunan Sekolah Pascabencana Harus Ditingkatkan

0 136

PALU, EKSPRES, PALU – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof. Muhadjir Effendy menegaskan, standar bangunan sekolah yang terdampak bencana di beberapa daerah Sulteng, harus ditingkatkan pada proses perbaikannya nantinya. Hal ini kata Muhadjir, telah dikomunikasikan jajaran Kemendikbud bersama Kementerian PU PR.

Muhadjir menjelaskan, untuk bangunan sekolah yang masuk kategori rusak berat akan menjadi tanggung jawab Kementerian PU PR, yang akan merenovasi dengan standar bangunan tahan gempa, sesuai standar dari Kementerian PU PR. Untuk sekolah-sekolah yang berada di wilayah terkategori rekahan likuefaksi akan direlokasi.

“Sekarang ini menggunakan kategori bangunan C, nanti dari Kementerian PUPR saya sudah mengusulkan, paling tidak bangunan-bangunan sekolah baru nanti harus naik paling tidak kelas B atau kalau perlu A,” kata Muhadjir kepada wartawan, usai apel pencanangan Anak Sulteng Bangkit Lebih Hebat, di Lapangan Pogombo Kantor Gubernur Sulteng, Sabtu 17 November 2018.

Untuk bangunan sekolah yang rusak sedang, lanjutnya, akan ditangani oleh Kemendikbud bersama Pemda setempat, menggunakan anggaran APBD atau DAK fisik dari pusat yang sudah ditransfer ke daerah.

“Sedangkan yang rusak ringan sekarang sudah ditangani langsung oleh masing-masing UPT Kemendikbud dan sekarang sudah selesai,” tambahnya.

Ia juga meminta kepada sekolah-sekolah di Sulteng nantinya harus meningkatkan kualitas teknologi informasi. Terkait hal ini, Mendikbud secara simbolis menyerahkan bantuan alat IT untuk sekolah, kepada para kepala daerah yang terdampak bencana alam di Sulteng.

“Setelah itu baru yang tidak terkena gempa kita perbaiki juga, tidak perlu iri, nanti kita semua perbaiki,” tandasnya.

(abr/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: