Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Lima Madrasah Swasta Berubah Status Jadi Negeri

0 205

PALU EKSPRES,  PALU  – Sebanyak lima Madrasah swasta di Sulteng secara resmi berubah status menjadi madrasah Negeri. Perubahan tersebut sebelumnya ditetapkan melalui Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 535 tahun 2018.

Kelima Madrasah tersebut masing-masing Madrasah Aliyah (MA) Al Muhibbah Soulove Sigi menjadi MAN Sigi, MA Nurul Khairaat Surumana Donggala menjadi MAN Donggala, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Ikhlas Wakai Tojo Unauna menjadi MTsN 2 Tojo Una-una, Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Ikhlas Kilo Poso menjadi MIN 3 Poso, dan MI Sintuvu Singgani Sigi menjadi MIN Sigi.

SK perubahan status lima Madrasah diserahkan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, Dr. H. Rusman Langke, kepada para Kepala Kantor Kemenag bersangkutan, di sela-sela upacara peringatan Hari Pahlawan, di halaman Kanwil Kemenag Sulteng, Senin 12 November 2018.

“Ini menjadi kesyukuran kita mendapatkan tambahan Madrasah negeri. Alhamdulillah di Sigi yang sebelumnya belum memiliki Madrasah negeri, kini sudah ada MIN dan MAN. Ini menjadi salah satu bukti perhatian yang tinggi pemerintah terhadap Madrasah,” kata Rusman.

Ia juga menuturkan, dengan perubahan status ini, maka anggaran lima Madrasah tersebut akan mulai dikelola oleh pemerintah, baik untuk peningkatan kualitas sarana dan prasarana serta peningkatan kualitas sumber daya manusia, mulai dari tenaga pendidik dan kependidikan hingga para peserta didik.

Dalam KMA nomor 535 tahun 2018 total ada 48 Madrasah yang dinegerikan, terdiri atas 16 MA, 26 MTs, dan 6 MI. Madrasah-madrasah tersebut tersebar di 14 provinsi, yakni Riau (10), Kepulanan Riau (1), Banten (4), Jawa Timur (3), Bali (1), Kalimantan Barat (3), Sulawesi Selatan (3), Sulawesi Tengah (5), Sulawesi Utara (2), dan Sulawesi Barat (2) Maluku (2), Maluku Utara (2), Nusa Tenggara Timur (7), dan Papua (3).

(abr/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.