Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Desa Sijoli Akan Dibangun Sarana Air Bersih

0 70
PALU EKSPRES, PARIGI MOUTONG –  Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) akan membangun sarana air bersih di Desa Sijoli, perbatasan Provinsi Sulteng dan Provinsi Gorontalo. 
 
Minimnya air bersih di wilayah perbatasan ini makanya dibangun sarana air bersih yang anggarannya bersumber dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT).
“Anggaran APBN bersumber dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, untuk mengantispasi minimnya air bersih di wilayah perbatasan,” Sebut Kepala Dinas PUPRP, melalui Kabid Cipta Karya, I Nyoman Adi di ruang kerjanya, Jumat (9/11/2018). 

I Nyoman Adi mengatakan Dinas PUPRP dalam pembangunan sarana air bersih ini, hanya sebagai tim koordinasi kabupaten saja. Yang menangani langsung yakni Direktorat Sarana dan Prasarana Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dengan pagu anggaran kurang lebih Rp1,5 miliar. 

Pengelolaan dan perawatan akan diserahkan langsung ke pemerintah desa setempat. ”Rencananya untuk pengelolaan akan diserahkan ke pemerintah desa, dibawa pengawasan dan monitoring kami,” ujarnya. 

Sekaitan dengan pengelolaan itu, pemerintah desa dapat menganggarkan meteran air, melalui dana desa agar dapat mengatur debit air yang menjadi permasalahan air bersih selama ini, katanya. 

 
(asw/ palu ekspres) 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.