Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Sandiaga Sarankan Pemerintah Libatkan Dunia Usaha Untuk Pemulihan Palu

0 202

PALU EKSPRES, PALU – Calon Wakil Presiden (Cawapres) RI Sandiaga Uno datang ke Kota Palu Sulawesi Tengah, Jumat 2 November 2018.
Selain berziarah ke makam Sis Aldjufri (Guru Tua), Sandiaga juga mengunjungi lokasi bencana gempa dan likuifaksi terparah, Kelurahan Balaroa Kecamatan Palu Barat. Ia didampingi Gubernur Sulawesi Tengah H Longki Djanggola dan Anggota DPR RI, Supratman Andi Agtas. Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Alkhairaat, HS Ali Aljufri serta pimpinan pondok pesantren Nurul Khairat Palu, Al Habib Soleh Bin Abubakar Al Idrus (Habib rotan).
Rombongan Sandi disambut antusias setiap warga yang ia kunjungi. Bergantian meminta untuk swafoto. Sandi menyebut kunjungan itu untuk mengetahui langsung situasi masyarakat Palu dan proses pemulihan ekonomi paska bencana.
Ditanya soal bantuan pribadinya terhadap para korban, Sandi mengaku sebelummnya bantuan itu sudah ia salurkan. Namun dia menolak menyebutkan nilai bantuan. “Bantuan sudah ada, tapi kita tidak boleh membangga- banggakan. Itukan riya,” jawab Sandi kepada wartawan.
Menurut dia, proses pemulihan bencana di Sulawesi Tengah tidak boleh hanya dilakukan pemerintah. Masyarakat, dunia usaha harus katanya perlu dilibatkan.
“Harapan kita pemerintah bisa bekerja sama masyarakat dan dunia usaha. Kita pulihkan saudara-saudara kita di Palu, Sigi dan Donggala ini. Agar mereka bisa kembali hidup normal,” ujarnya.
Sandi menjelaskan telah mendapat informasi mengenai jumlah korban bencana. Misalnya di perumnas Kelurahan Balaroa, sesuai keterangan yang ia dapat, jumlah penduduk di tempat itu mencapai 450 kepala keluarga “Di Balaroa, dari 450 KK yang ada hanya selamat 20 persen. Keterangan pak lurah, bahkan rumah bergeser ratusan meter lebih. Kita tentunya patut ambil hikmah. Bahwa musibah ini insaallah bisa persatukan kita semua,”ujarnya.
Dia menambahkan, dibalik bencana itu ada rahasia besar Tuhan yang tidak diketahui manusia.
“Dan Inshaallah musibah justru meningkatkan derajat korban yang terdampak bencana,” pungkasnya.
Agenda kunjungan Sandiaga Uno di Kota Palu diantaranya ziarah ke makam Sis Aljufri. Mendatangi tokoh-tokoh pengurus Al Alkhairaat. Sandiaga Uno menyempatkan salat dhuha di masjid kompleks al khairaat. Kedatangan Cawapres disambut antusias abnaul khairaat dengan lantunan salawat. Rombongan kemudian bergerak menuju lokasi bencana gempa dan likuifaksi di perumnas Kelurahan Balaroa Kecamatan Palu Selatan. Disana, Cawapres usungan Partai Gerindra ini turun melihat langsung puing puing reruntuhan sambil berbincang dengan salahsatu warga. Dari Balaroa, Sandiaga Uno melanjutkan perjalanan menuju pondok pesantren nurul khairat. Diapun mendatangi rumah pohon Habib Rotan. Sekaligus melihat kondisi pengungsi disana. Rombongan Sandiaga Uno mengawali kunjungan di pasar Inpres Manonda Palu. Berbincang dengan beberapa pedagang dan memantau harga harga bahan pokok. Sandi menyebut, kegiatan ekonomi di Kota Palu sudah berangsur pulih. Salahsatunya ditandai dengan kegiatan jual beli di pasar Inpres yang cukup ramai. Sekitar pukul 11.00WITA, rombongan bergerak menuju Bandara Mutiara Sis Aljufri.
(mdi/Palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.