Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Wali Kota Optimalkan Puskemas Mobil

0 158

PALU EKSPRES,  PALU – Wali Kota Palu Hidayat membentuk serta menyusun formasi tim puskesmas mobil Kota Palu, Jumat 12 Oktober 2018. Puskesmas mobil nantinya akan membuka pelayanan kesehatan di setiap sudut kota.

Puskesmas mobil berjumlah 13 tim. Terdiri dari satu tenaga dokter, dua bidan, satu petugas kesehatan termasuk driver.  Setiap hari, pelayanan ini diinstruksikan mengunjungi titik-titik pengungsian sesuai wilayah kerja masing masing puskesmas.

Menurut dia, pelayanan kesehatan keliling ini akan dioptimalkan selama dalam masa perpanjangan tanggap darurat bencana. Yakni sampai dengan 26 Oktober 2018.

“Setiap hari membuka layanan kesehatan keliling secara gratis,”kata Hidayat, Jumat 12 Oktober 2018.

Pelayanan kesehatan keliling ini menurut dia tetap berjalan bersamaan dengan pelayanan kesehatan di Puskesmas masing-masing. Selain itu pihaknya juga membuka layanan kesehatan 1X24 jam di Posko bencana Kota Palu, yakni di rumah jabatan Wakil Wali Kota Palu.

“Harus tetap diupayakan membuka pelayanan di Puskesmas masing-masing. Optimalkan tenaga dokter yang ada,”sebutnya.

Mengenai biaya operasional, setiap hari puskesmas mobil akan dijatah 10 liter bahan bakar. Serta membuka dapur umum khusus tim puskesmas mobile tersebut.

“Tapi kita lihat perkembangan, kalau itu kurang kita akan tambah,”pungkasnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Palu, Ilham menyebut, sejauh ini pihaknya menemukan sejumlah wabah penyakit mulai bermunculan. Diantaranya ISPA dan diare.

Menurut Ilham, sejauh ini stok obat-obatan untuk mendukung puskesmas mobil masih cukup tersedia. Baik di dinas kesehatan maupun di tingkat Puskesmas.

“Kita juga masih akan disuply obat-obatan dari dinas kesehatan provinsi,”pungkasnya.

(mdi/Palu ekspres).

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.