Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Retribusi Parkir ditarget Rp1,2 M

Agustus Sudah Terealisasi Rp750 Juta Lebih.

0 224

PALU EKSPRES, PALU– Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palu terus berupaya mendongkrak penerimaan retribusi parkir tepi jalan umum. Tahun ini Dishub menargetkan retribusi tersebut Rp1,2miliar lebih.

Untuk upaya tersebut, Dishub Palu membentuk koordinator juru parkir. Selanjutnya dibagi untuk mengawasi juru parkir di setiap kelurahan.

Kepala Bidang Lalulintas dan Angkutan Dishub Palu, Gamal menjelaskan, jumlah koordinator disesuaikan dengan titik parkir dalam satu kelurahan. Jumlah titik parkir sejauh ini ditetapkan sebanyak 468 titik dengan jumlah juru parkir sebanyak 850 orang. Satu kelurahan menurutnya akan diawasi dua koordinator.

“Namun untuk titik- titik ramai, seperti pasar. Itu kita sesuaikan jumlah koordinatornya,”jelas Gamal, Rabu 19 September 2018.

Pola demikian jelas Gamal sedikitnya telah berhasil mendongkrak penerimaan retribusi tepi jalan umum. Dari target yang ditetapkan Rp1,2miliar lebih, pada Agustus 2018 sudah Rp753juta lebih.

“Setiap bulan trend penerimaannya meningkat. Dengan memperketat pola pengawasan juru parkir oleh koordinator,” katanya. Penerimaan retribusi parkir dari koordinator menurut dia diberlakukan pola bagi hasil yaitu 60-40. 60 untuk Pemkot dan 40 untuk koordinator. Setoran dari koordinator selanjutnya akan disesuaikan dengan karcis parkir yang telah diforporasi dinas pendapatan. “Setoran yang masuk itulah yang akan disesuaikan dengan karcis,”jelasnya.
Selain dari retribusi parkir tepi jalan umum, penerimaan parkir dari Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu menurut Gamal juga berpotensi naik. Dari target Rp1,7miliar, hingga Agustus 2018 sudah terealisasi kurang lebih Rp1,6miliar. Hingga akhir tahun nanti, retribusi parkir dari bandara kata dia diperkirakan bisa melebihi target.

(mdi/palu ekspres).

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.