Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Turnamen Terbuka Tinju Siap Digelar di Parigi

0 69

PALU EKSPRES, PALU – Kabupaten Parigi Moutong akan menjadi tuan rumah turnamen terbuka tinju amatir, yang digelar pada 16-23 September 2018. Sekretaris Umum Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Sulteng, Edison Ardiles menerangkan, saat ini persiapan menuju turnamen tersebut sudah pada tahap penyelesaian.
“Ini merupakan kali kedua setelah di akhir tahun 2017 lalu kami laksanakan di Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala,” kata Edison, saat ditemui di kantor KONI Sulteng, Senin 10 September 2018.
Turnamen terbuka tersebut merupakan inisiasi dari salah seorang tokoh Sulteng, yakni Nurmawati Dewi Bantilan (NDB). Terkait hal ini, Edison mengaku sangat bersyukur dan memberi apresiasi sebesar-besarnya.
“Jarang-jarang ada orang yang mau peduli dengan menggelar kegiatan olahraga, apalagi tinju,” ujarnya.
Edison berharap, turnamen-turnamen tinju yang digelar dapat menjadi ajang menghasilkan petinju-petinju potensial yang nantinya akan membawa harum nama Provinsi Sulteng, baik di tingkat nasional maupun internasional.
Ia mengungkapkan, salah seorang atlet tinju hasil dari turnamen pertama di Sirenja, telah mengukir prestasi mencapai babak semifinal pada ajang tingkat nasional di Jambi, beberapa waktu lalu.
“Melihat potensinya saya yakin mereka akan bisa berprestasi. Saya yakin dari event ini bisa menghasilkan atlet-atlet tinju berprestasi, yang ke depan dapat membawa nama olahraga tinju di Sulteng,” tandasnya.
Sementara itu, Komisi Teknik Turnamen Terbuka Tinju Amatir NDB Cup di Parigi, Mahmud Miraj menambahkan, pada turnamen tersebut nantinya ditargetkan akan diikuti oleh sekitar 127 orang petinju, dari berbagai daerah di Sulteng seperti Parimo, Kota Palu, Tolitoli, Sigi, Banggai, Poso, Morowali dan Touna.
“Nanti akan dipertandingkan 13 kelas putra dan putri,” kata Mahmud.
Ia melanjutkan, pada turnamen tersebut pihak Pengda Pertina Sulteng juga sudah menyiapkan 13 orang wasit hakim, yang langsung berada di bawah pimpinan Sekum Pengda Pertina Sulteng selaku Inspektur pertandingan.
“Wasit hakim yang disiapkan adalah wasit dari Pengda Pertina, yang sudah dibuatkan SK-nya,” pungkasnya.

(abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.