Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Jatah CPNS Palu 2018 Belum Ditetapkan.

0 899

PALU EKSPRES, PALU– Rencana penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018 telah termuat dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PERMENPANRB) Nomor 36 Tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan pelaksanaan seleksi calon pegawai negeri sipil tahun 2018.

Dalam Pasal 1 nomor 2 disebutkan, total alokasi penetapan kebutuhan untuk instansi pusat dan daerah sejumlah 238.015.

Dengan rincian untuk instansi pusat sebanyak 51.271 dan instansi daerah sebanyak 186.744.

Sedangkan pasal 1 nomor 3 disebutkan kriteria penetapan kebutuhan PNS dan pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2018 tercantum dalam lampiran 1 yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri ini.

Sementara Pasal 2 disebutkan prioritas penetapan kebutuhan PNS tahun 2018 untuk bidang pendidikan, kesehatan dan bidang infrastruktur. Jabatan fungsional dan jabatan teknis lainnya.

Sayangnya, lampiran tentang penetapan kebutuhan PNS sebagaimana dalam Pasal 1 nomor 3 PERMENPAN itu belum diberikan kepada Pemkot Palu.

Hal itu dibenarkan Sekretaris Kota (Sekkot) Palu Asri. Sekkot mengaku dirinya memang telah mengikuti rapat koordinasi mengenai rencana rekrutmen CPNS tahun 2018 bersama pihak KemenPAN RB.

Namun mengenai lampiran berapa jatah CPNS yang ditetapkan untuk Kota Palu ungkap dia sama sekali belum ia ketahui.
Menurutnya, informasi mengenai lampiran kuota itu akan diinformasikan kemudian.

“Kami belum tahu berapa jatah CPNS yang ditetapkan untuk Kota Palu. Ini kita menunggu, katanya hari Rabu ini diinformasikan,”kata Sekkot, Senin 10 September 2018 di ruang kerjanya.

Menurut Sekkot, informasi yang ia terima terkait rencana penerimaan CPNS tahun 2018 baru sebatas pada rincian kebutuhan per bidang disiplin ilmu untuk formasi CPNS instansi pemerintah daerah.

Yaitu dari total 184.744 kebutuhan instansi daerah dibagi untuk formasi bidang pendidikan sebanyak 96.000, bidang kesehatan sebanyak 60.315 dan formasi teknis lainnya sebanyak 30.429.

“Rapat koordinasi kami barusan baru sebatas informasi itu. Belum diinformasikan jatah untuk masing-masing daerah,”bebernya.

Sekkot mengaku masih akan terus menunggu informasi terbaru dari KemenPAN RB terkait penerimaan CPNS tersebut. Termasuk menunggu informasi mengenai teknis penerimaan bagi kalangan honorer kategori dua yang pola peraturannya juga masuk dalam mekanisme formasi umum tahun ini.
(mdi/palu ekspres).

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.