Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Polri Ajak Mahasiswa Pelopori Keselamatan Lalu Lintas

0 221

PALU EKSPRES, PALU – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) melalui Korps Lalu Lintas (Korlantas), mengajak mahasiswa untuk bersama-sama menjadi pelopor keselamatan lalu lintas, melalui kegiatan Police Goes to Campus, yang digelar di Auditorium Utama Universitas Tadulako (Untad), Kamis 6 September 2018.

Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan mahasiswa Untad serta berbagai perguruan tinggi lainnya di Kota Palu.

Perwakilan Korlantas Polri, Kombes Pol. Agus Salim menjelaskan, program Police Goes to Campus merupakan bagian dari implementasi edukasi dari Polri, untuk membangun budaya tertib berlalu lintas kepada masyarakat.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk menjalin kerja sama, membangun koordinasi antara Polri dengan civitas akademika, demi mewujudkan mahasiswa sebagai agent of change, yang menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas,” ujarnya.

Kombes Agus menjelaskan, lalu lintas yang berkaitan erat dengan berbagai kepentingan baik probadi maupun kelompok, dipahami sebagai salah satu urat nadi dalam kehidupan. Olehnya, mesti terwujud keamanan, keselamatan, kelancaran dan ketertiban di dalamnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Polri telah melakukan berbagai upaya, di antaranya melaksanakan edukasi untuk membangun budaya tertib berlalu lintas di masyarakat. Upaya edukasi tersebut, kata Kombes Agus, diterapkan secara formal melalui kurikulum pendidikan di jenjang SD hingga SMA, serta secara nonformal baik langsung maupun tidak langsung.

“Perhatian kita mengedukasi lalu lintas dimulai dari usia dini sehingga usia dewasa, sebagai long life education untuk membangun masyarakat yang sadar, peka, peduli dan mau berbela rasa, untuk menciptakan keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalulintas,” tuturnya.

Pada program Police Goes to Campus, selain diadakan seminar dan safety riding, diadakan pula pelatihan kemampuan mengemudi kendaraan bermotor yang berkeselamatan. Kegiatan tersebut dibuka oleh Irwasda Polda Sulteng, Kombes Pol. Aries Syarief Hidayat.

Kombes Aries berharap, melalui kegiatan tersebut dapat memberikan pemahaman yang mendalam kepada mahasiswa tentang masalah lalu lintas, yang pada akhirnya mahasiswa dapat menjadi pelopor keselamatan berlalulintas, yang mengajak masyarakat pengguna jalan untuk mengubah perilaku yang saat ini belum tertib, menjadi perilaku yang tertib berlalulintas.

“Menularkan kepada semua pihak khususnya mahasiswa, tentang keselamatan yang pertama dan utama dalam berlalulintas. Untuk itu dengan kegiatan ini diharapkan ada masukan yang positif, dalam membangun budaya tertib berlalulintas,” ujar Kombes Aries.

Turut hadir Dirlantas Polda Sulteng, Kombes Pol. Imam Setiawan bersama para pejabat utama Polda Sulteng lainnya, serta para Wakil Rektor, Dekan, dan unsur pimpinan lainnya di Untad.

(abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.