Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Makkah Dilanda Badai Hujan, Jeddah Badai Pasir

0 72

PALU EKSPRES– Hujan tidak hanya mengguyur Madinah. Kota Makkah ternyata juga dilanda badai. Petugas haji yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi daerah kerja (daker) Makkah melaporkan, badai terjadi mulai pukul 20.00 Waktu Arab Saudi atau pukul 24.00 WIB.

Ade Alawi, petugas PPIH Arab Saudi daker Makkah mengatakan, hujan disertai angin kencang berlangsung selama sekitar 30 menit. “Badai angin disertai kilat terus menggelegar,” kata Ade.

Suasana tersebut mengingatkan saat wukuf di Arafah pada 9 Zulhijah atai 20 Agustus. Saat itu, badai sempat merobohkan empat tenda logistik.

Badai sempat membuat takut tenaga medis dan jamaah hajiyang berada di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), kawasan Aziziyah Janubiyah, Makkah. Muhammad Umar bin Syarkowi, jamaah haji asal Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, langsung berlari masuk KKHI saat badai terjadi.
Semula, dia sedang bersantai di teras KKHI. Waktu itu dia menemani mertuanya yang dirawat di KKHI Makkah karena sakit jantung. “Angin tiba-tiba bertiup keras. Saya jadi ingat badai waktu di Arafah,” katanya.

Badai juga sempat membuat alarm beberapa hotel berbunyi. Termasuk alarm di Kantor PPHI Arab Saudi daker Makkah di kawasan Syisyah. Angin kencang juga membuat pintu kantor berdecit. Beberapa petugas haji mencoba menahan pintu tersebut agar tidak copot terhempas angin. Namun, mereka akhirnya mundur karena khawatir pintu kaca pecah.

“Angin dan hujan deras, jarak pandang hanya sekitar 10 meter,” ucap Beno, petugas haji di Makkah. Badai baru benar-benar reda sekitar pukul 22.00.

Sementara itu, badai juga melanda kawasan Jeddah, terutama di Bandara King Abdulaziz. Bedanya, di sana tidak ada hujan. Yang ada hanya angin kencang bercampur dengan pasir. Saking kencangnya badai pasir, warga setempat dan para petugas haji harus mengenakan masker dan kaca mata. “Di sini tidak ada hujan. Hanya panas, angin kencang, dan pasir yang beterbangan,” kata Zamzami, petugas haji daker bandara.

oni/jpc/jpk

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.