Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Cegah Korupsi, Tanamkan Integritas Sejak Dini

0 221

PALU EKSPRES, PALU – Perempuan dinilai memiliki peran strategis dan sangat penting dalam melakukan pencegahan korupsi bagi keluarga di sekitarnya. Hal ini karena perempuan merupakan madrasah atau sekolah pertama dan paling utama, dalam memberikan pendidikan sejak dini hingga dewasa kepada anak-anaknya.

Hal ini disampaikan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, saat menjadi narasumber pada kegiatan Gerakan Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK), Germas dan Sosialisasi UU KDRT, yang digelar DWP Kota Palu, di ruang Kasiromu Sekretariat Daerah Kota Palu, Kamis 30 Juni 2018. Menurutnya, upaya pencegahan perilaku korupsi dapat dilakukan melalui pendidikan di dalam keluarga.

“Mari kita didik anak-anak kita mulai dari sekarang, dengan menanamkan nilai-nilai kejujuran dan integritas sejak dini, sehingga terbentuk karakter anak-anak yang soleh dan soleha, memiliki akhlakul karimah dan menjadi generasi penerus bangsa yang berintegritas dan profesional,” kata Mudrika.

Ia menjelaskan, SPAK merupakan program unggulan DWP Kemenag mulai dari tingkat pusat hingga daerah. Di Provinsi Sulteng, program tersebut telah disosialisasikan kepada seluruh DWP dan ASN di kantor Kemenag, dan juga kepada para peserta didik mulai dari jenjang RA/TK hingga MA.

“Melalui kegiatan seperti ini, diharapkan Ibu-ibu DWP dapat menjadi sekolah pertama dlm pendidikan anti korupsi, mampu menentukan sikap terhadap tindakan yang mengarah pada korupsi, dimulai dari rumah,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, para agen SPAK DWP Kemenag Sulteng turut mengajak para peserta yang berasal dari anggota DWP di lingkungan Pemkot Palu, mengikuti permainan Majo yakni sejenis permainan monopoli, yang didesain untuk membentuk pemahaman antikorupsi kepada para peserta.
Dalam permainan simulasi tersebut, para peserta mendapat kesempatan untuk saling bertanya, terkait praktik-praktik korupsi dan sejenisnya.

(abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.