Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Polres- Bhayangkari Percepat Realisasi Kepemilikan Akte Kelahiran

0 168

PALU EKSPRES, PALU– Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Palu menjalin kemitraan dengan Polres Palu dalam percepatan capaian kepemilikan akte kelahiran bagi anak 0 sampai 18 tahun.

Salah satu upaya yang dilakukan jajaran Polres Palu adalah mendata warga yang belum memiliki akte kelahiran. Hal itu dilakukan masing masing bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkambtibmas) ditingkat kelurahan.

Selanjutnya dari Bhabinkamtibmas, data itu diteruskan ke pengurus Bhayangkari Polres Palu untuk selanjutnya didaftarkan secara gratis pada dinas Dukcapil Palu.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palu, Rifani Pakamundi menjelaskan, kemitraan itu dilakukan untuk merealisasikan target nasional kepemilikan akte kelahiran usia nol sampai 18 tahun.

Menurut dia secara nasional, pemerintah menargetkan 80 persen anak dalam usia tersebut memiliki akte kelahiran.

“Sejauh ini sudah terdapat sedikitnya 100 lembar akte kelahiran yang kami terbitkan dari kerjasama itu,”kata Rifani.

Penyerahan akte kelahiran sendiri dilaksanakan secara simbolis dalam peringatan hari kesatuan gerak Bhayangkari ke 66, Selasa 28 Agustus 2018. Akte kelahiran diserahkan kepada warga kurang mampu hasil pendataan Bhabinkambtimbas di wilayah masing-masing.

Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil, Alfrin Magdalena menambahkan, untuk Kota Palu, realisasi kepemilikan akte sudah mencapai sekitar 64persen. Pihaknya juga menjalin kemitraan dengan rumah sakit Nasanapura Palu untuk merealisasikan program tersebut.

Pola yang dibangun dengan rumah sakit nasanapura adalah mendaftarkan setiap kelahiran anak di rumah sakit tersebut. Pendaftaran dilakukan staf rumah sakit lalu diserahkan kepada Dinas Dukcapil.

Dari kerjasama itu, pihaknya jelas Alfrin telah menerbitkan sedikitnya 20 akte kelahiran.

“Setiap ibu yang bersalin disana itu sudah bisa membawa pulang akte kelahiran,”jelas Alfrin.

(mdi/palu ekspres).

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.