Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Rukun Haji Tuntas, Jemaah Kloter 5 BPN Lanjut Umrah

0 175

PALU EKSPRES, MAKKAH– USAI melaksanakan seluruh rukun haji, jemaah haji asal Sulteng yang tergabung dalam kloter 5 BPN, melanjutkan aktivitas ibadah di tanah suci dengan melaksanakan umrah, pada Selasa 28 Agustus 2018.
“Hari ini jam 2 siang Waktu Arab Saudi, jemaah haji kloter 5 BPN mau laksanakan umrah dengan mengambil miqat dari Ji’ronah,” kata Ketua kloter 5 BPN, Muh. Isnaeni, melalui pesan whatsapp, Selasa 28 Agustus 2018.
Isnaeni menambahkan, jemaah haji Sulteng kloter 5 BPN dijadwalkan akan bertolak ke Madinah pada 4 September 2018 mendatang, untuk bersiap-siap kembali ke tanah air. Kloter 5 BPN dijadwalkan kembali ke tanah air dari Madinah karena merupakan bagian dari kepulangan gelombang kedua.
Sesuai jadwal dari PPIH Sulteng, kloter 5 BPN akan berangkat dari Madinah menuju Embarkasi Balikpapan pada 12 September 2018.
Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, Luthfi Yunus menyebutkan, kesiapan pihaknya menyambut kepulangan jemaah haji asal Sulteng sudah matang. “Asrama sudah siap, nanti juga akan ada seremoni penyambutan,” kata Luthfi, di ruangannya, Selasa 28 Agustus 2018.
Tekait teknis penjemputan oleh keluarga jemaah, Luthfi menjelaskan pihaknya akan menyiapkan stiker khusus yang nantinya ditempelkan di kendaraan penjemput. Stiker tersebut disediakan khusus untuk penjemput jemaah asal Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala. Stiker tersebut dapat diambil di Kanwil Kemenag Sulteng pada 5-12 September 2018. “Nanti akan ditempel stiker, dan sama seperti tahun sebelumnya, penjemput hanya dibatasi satu orang untuk masuk ke asrama haji transit Palu,” imbuhnya. Ia menambahkan, untuk jemaah haji yang berasal dari beberapa daerah lainnya akan dijemput secara kolektif oleh masing-masing PPIH Kabupaten. Data dari Bidang PHU Kanwil Kemenag Sulteng, data riil hingga Selasa 28 Agustus 2018 jumlah jemaah haji yang akan dipulangkan ke Palu sebanyak 1.999 orang termasuk di dalamnya 21 orang petugas kloter. Sebelumnya, jemaah haji asal Sulteng bersama petugas kloter yang diberangkatkan ke Jeddah berjumlah total 2.001 orang. Jumlah ini berkurang, karena dua orang jemaah asal Sulteng meninggal dunia saat berada di Makkah. Masing-masing Mariso Bakri Mat Bisri asal Kota Palu, yang meninggal pada Sabtu 11 Agustus 2018. Serta Dinar Ali Umar asal Luwuk Kabupaten Banggai, yang meninggal di Arafah usai wukuf pada Senin 20 Agustus 2018.

(abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.