Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Cetak Uang Palsu, Dua Warga Banawa Diamankan Petugas

0 266

PALU EKSPRES, DONGGALA – Jajaran Polres Donggala menangkap dua pencetak uang palsu di Kecamatan Banawa. Dari tangan keduanya, disita uang palsu pecahan 50 ribu sebanyak 29 lembar yang rencananya akan digunakan untuk membeli narkoba.

Kapolres Donggala, AKBP Stanislaus Ferdinand Suwarji, mengatakan, dua tersangka pencetak uang palsu tersebut masing-masing berinisial RH dan AS alias CA. Petugas meringkus RH di rumahnya, Lanta, Kelurahan Gunung Bale. Dari hasil pengembangan Polisi meringkus tersangka lainya yakni AS alias CA di perumahan SDN 11 Banawa, Kilometer 3 Kelurahan Maleni.

“RH dan AS alias CA diringkus pada Selasa 7 Agustus 2018. Keduanya merupakan warga Kecamatan Banawa, Donggala,” kata Ferdinand, saat press confrens, Senin 27 Agustus 2019 di Donggala.

Dari tangan keduanya, petugas berhasil menyita 29 lembar uang palsu pecahan Rp 50 ribu dan satu unit printer merk Epson L220 warna hitam

Ferdinand menyebut, terbongkarnya kasus ini berawal dari informasi masyarakat yang menyebut adanya uang palsu beredar di Banawa. Tersangka menggunakan uang palsu membeli celana puntung dan narkoba untuk dikonsumsi sendiri. Untuk penyidikan lebih lanjut, kedua tersangka berikut barang bukti uang palsu dan bahan pembuatannya kini diamankan petugas.

Sementara, tersangka AS alias CA mengaku uang palsu tersebut dicetak untuk digunakan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ia mengatakan gaji sebagai tenaga honorer di SDN 11 Banawa tidak mencukupi. AS alias CA mengaku berlajar mencetak uang palsu melalui internet dan Youtube.

Atas perbuatan mencetak uang palsu itu, keduanya dikenakan pasal 36 ayat 3 jo pasal 26 Undang-undang nomor 7 tahun 2011 dan pasal 245 KUHP dengan ancaman 15 tahun penjara.

(mg03/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.