Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Ifadhah, Kloter 8 BPN Sediakan Waktu Khusus Bagi Jemaah Lansia

0 136

PALU EKSPRES, MAKKAH – Seluruh rangkaian ibadah haji 1439 H/2018 M telah selesai dilaksanakan oleh jemaah haji asal Provinsi Sulteng, salah satunya yang tergabung dalam kloter 8 BPN. Hal ini ditandai dengan dilaksanakannya tawaf ifadhah di Masjidil Haram, pada Ahad 26 Agustus 2018 malam hari.

Pembimbing ibadah kloter 8 BPN, H. Lutfi A. Godal menyebutkan, kloter 8 BPN melaksanakan tawaf ifadhah dimulai pada jam 10 malam Waktu Arab Saudi (WAS), dan selesai sekitar jam 3 dini hari pada Senin 27 Agustus 2018.

“Alhamdulillah semalam sudah selesai ifadhah, dimulai jam 10 sampai dengan jam 3 subuh bersama jemaah yang relatif masih kuat,” tulis Lutfi, melalui pesan WhatsApp, Senin 27 Agustus 2018.

Ia melanjutkan sekitar 40-an orang jemaah lanjut usia (lansia) dan berisiko tinggi (risti), diberikan waktu khusus untuk mengikuti tawaf ifadhah, sai dan tahallul pada Senin 27 Agustus 2018 pukul 06.00 WAS. Para jemaah ini dibawa dengan bantuan dorongan kursi roda ketika melaksanakan tawaf dan sai.

“Sebagian besar lainnya, sekitar 100-an orang lebih memilih ikut tawaf tadi malam, walaupun dengan kondisi mereka yang risti dan sebagai lansia. Mereka sangat bersemangat untuk menyelesaikan rukun haji mereka,” ungkapnya.

Lutfi menerangkan, saat ini jemaah haji tinggal menunggu waktu pelaksanaan tawaf wada’ (tawaf perpisahan) jelang meninggalkan tanah suci menuju tanah air. Dijadwalkan, jemaah asal Sulteng di kloter 8 BPN akan melaksanakan tawaf wada’ pada 7 September 2018 mendatang.

Secara umum kondisi kesehatan jemaah kloter 8 BPN disebutkan Lutfi dalam keadaan sehat walafiat. Bahkan, jemaah yang sempat dirawat di klinik kesehatan haji Indonesia juga sudah kembali ke pemondokan bersama jemaah lainnya.

“Alhamdulillah sudah selesai, rukun dan wajib haji telah sempurna, kecuali tawaf wada’ satu-satunya wajib haji yang tertinggal, dan baru akan dilaksanakan setelah akan meninggalkan kota Makkah,” tandasnya.

(abr/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.