Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Imunisasi Mealses Rubella di Parimo Targetkan 135 Ribu Anak

0 95

PALU EKSPRES, PARIGI – Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong menargetkan 135.638 anak mulai usia 9 bulan hingga 15 Tahun mendapatkan imunisasi Mealses Rubella (MR). Imunisasi MR di Kabupaten Parigi Moutong telah dilaksanakan serentak sejak tanggal 1 Agustus 2018 muali dari Sekolah SD, MI/Sederajat dan SMP/MTs/Sederajat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong, dr Revi Tilaar mengatakan, para orang tua tidak perlu khawatir dengan imunisasi MR. Menurutnya, berita di media sosial yang menyebutkan bahwa imunisasi MR akan menimbulkan dampak kurang baik atau sakit permanen bagi anak adalah berita hoax.

“Itu berita hoax,”Kata Revi saat dikonfirmasi, disela-sela peringatan Hari Keluarga Nasional (Hargnas) tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, Hari Remaja Internasional XVIII Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, di halaman Kantor Bupati Parigi Moutong, Ahad (12/8/2018).

Menurut dr Revi, sepanjang kondisi tubuh anak dalam keadaan sehat, orang tua tidak perlu khawatir anaknya diimunisasi Mealses Rubella. “Yang penting anak tersebut sehat, tidak batuk, pilek, panas, deman atau sakit yang lain, silakan diimunisasi MR,”jelasnya

Revi mengatakan, informasi yang beredar di masyarakat bahwa salah satu pasien di RSUD Raja Tombolotutu mengalami sakit setelah diimunisasi MR sama sekali tidak benar. “Anak itu sebelumnya sudah sakit, jadi bukan karena diimunisasi MR. Saat ini kondisi anak itu sudah membaik,”ungkapnya.

Revi menjelaskan, imunisasi MR diberikan kepada anak-anak dengan tujuan mengeliminasi penyakit campak dan mengendalikan rubella. Yang lebih berbahaya kata Revi, virus ini terjangkit ke anak, maka ketika dia dewasa kelak hamil, virus akan terus terbawa hingga ke janinnya dan ketika lahir anak tersebut bisa menyebabkan kelainan otak, kelainan di bagian penglihatan mengakibatkan anak bisa buta, kelainan di pendengaran anak menjadi tuli dan kelainan gagal jantung. “Olehnya saya tetap menghimbau kepada para tua yang memiliki anak usia 9 bulan sampai 15 tahun agar mau mengizinkan anaknya untuk diimunisasi MR ini,”harapnya.

Imunisasi MR bulan september 2018 akan dilaksanakan di seluruh Posyandu, Polindes, Pustu, dan Pos imunisasi lainnya dengan sasaran bayi usia 9 bulan sampai dengan anak usia 6 tahun.

(humas pemda parimo)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.