Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Bupati Sebut Kasus Anak Didominasi Pelecehan Seksual

0 51

PALU EKSPRES, SIGI – Bupati Sigi, Moh Irwan Lapatta SSos MSi, mengatakan bahwa seperti diketahui bersama pada tahun 2018 ini, kasus kekerasan terhadap anak didominasi oleh kasus pelecehan seksual.

Oleh sebab itu, kata Bupati Sigi, sejak 2017 sampai dengan Agustus 2018,  Pemkab Sigi meriles jumlah kekerasan anak yang terjadi di Sigi sebanyak 52 kasus, dan kasus terbanyak adalah soal pelecehan seksual.

Dimana pelakunya orang terdekat sehingga semua ini tentu berdampak pada pertumbuhan anak dan kehidupan mereka saat dewasa nanti.
“Makanya hal ini perlu dicegah bersama dengan cara menciptakan lingkungan yang kondusif untuk memberikan perlindungan optimal terhadap anak itu sendiri,” terangnya.

Menurutnya, memberikan pemahaman yang komprehensif dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak sehingga menghasilkan generasi penerus bangsa yang genius. Sebab anak genius tidak terbatas pada bidang akademik saja, melainkan bidang lainnya seperti bidang olahraga, seni, dan budaya bisa bersaing untuk mendapat prestasi.

“Hal ini sesuai perundang-undangan 23 nomor 2002 pasal 2, yaitu penyelenggaraan perlindungan anak harus berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” pungkasnya.

(mg2/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.