Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Bupati Donggala Kukuhkan Pokja Penganggulangan AIDS

0 80

PALU EKSPRES, DONGGALA– Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, SH melakukan Pengukuhan dan Pembekalan Anggota Pokja Komisi Penanggulangan AIDS
(KPA) Kabupaten Donggala Masa Bhakti 2018-2022 di Aula Kasiromu Kantor Bupati Donggala, Kamis 9 Agustus 2018. Kasman Lassa dalam sambutannya mengatakan, upaya pengendalian HIV/AIDS telah dilaksanakan dengan baik oleh KPA Kabupaten Donggala maupun Lembaga Swadaya Masyarakat perduli AIDS. Namun Kasman mengakui hal itu belum optimal, karena masih minimnya dukungan penggangaran dan kurangnya peran serta populasi kunci (orang orang yang rentan terhadap penularan HIV AIDS) dalam penemuan kasus HIV-AIDS. Lanjut ia, Kabupaten Donggala dalam penemuan kasus HIV/AIDS secara kumulatif sejak tahun 2002 bulan Juni sampai dengan tahun 2018 berjumlah 40 kasus AIDS dan 28 kasus HIV dimana penularannya lebih dari 90%, melalui hubungan heteroseksual berresiko dan jumlah kasus yang terungkap baru mencapai 68 kasus dari estimasi kasus HIV di Kabupaten Donggala kurang lebih 181 kasus HIV. “Saya berharap agar Kepala Dinas, Badan dan Bagian satuan unit kerja yang terkait di lingkungan pemerintahan Kabupaten Donggala, swasta dan masyarakat, organisasi profesi untuk dapat bersama sama meningkatkan keperdulian dan dukungan dalam pengendalian HIV/AIDS sesuai dengan tupoksi masing-masing agar laju epidemi HIV/AIDS di Kabupaten Donggala dapat terkendali,” pesannya.
Sementara itu, Sekretaris KPA Kabupaten Donggala Marie Walando, dalam laporannya menyampaikan tujuan pengukuhan dan pembekalan pengurus KPA adalah untuk meningkatkan koordinasi pelaksanaan penanggulangan dan implementasi program pengendalian HIV /AIDS dalam rangka mengembangkan strategi percepatan pencapaian target SDGs (Sustainable Development Goals/Tujuan Pembangunan Berkelanjutan). Selain itu untuk meningkatkan kepedulian dan dukungan dalam pengendalian HIV/AIDS sehingga laju epidemic HIV/AIDS dapat terkendali di kabupaten Donggala. Jumlah peserta sebanyak 100 Orang yang terdiri dari pengurus KPA yang dikukuhkan 73 Orang dari badan dan dinas terkait di Kabupaten Donggala serta organisasi LSM peduli AIDS yang tergabung dalam keanggotaan donggala dan undangan umum 27 Orang. “Hasil yang diharapkan dalam pengukuhan dan pembekalan ini agar dapat teridentifikasi strategi percepatan pencapaian target SDGs dalam rangka pengendalian HIV/AIDS dan upaya pemecahan dan teridentifikasinya permasalahan HIV/AIDS dan upaya pemecahannya,” tutup Marie. (mg03/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.