Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

JCH Langsung Kenakan Pakaian Ihram di Bandara Balikpapan

0 290

PALU EKSPRES, PALU – Jamaah Calon Haji (JCH) asal Sulteng pada kelompok terbang (kloter) 5 Embarkasi Balikpapan, langsung diinstruksikan menggunakan pakaian ihram sejak di Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan, sebelum berangkat menuju Jeddah pada Kamis 2 Agustus 2018 pukul sekitar pukul 13.30 WITA.

Ketua Kloter 5 BPN, Muh. Isnaeni menjelaskan, hal ini dilakukan sebagai bentuk efisiensi waktu jamaah ketika tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah nantinya. Karena kata Isnaeni, setiba di bandara Jeddah jamaah akan langsung diberangkatkan menuju Makkah, karena beberapa proses imigrasi telah dilakukan di tanah air.

Ia menyebutkan, mulai tahun ini pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah bekerja sama dengan pemerintah Republik Indonesia, terkait beberapa proses imigrasi di antaranya perekaman biometrik yang dialihkan ke beberapa Embarkasi Haji di Indonesia, termasuk di Embarkasi Balikpapan.

“Perekaman biometrik yang biasanya menghabiskan waktu berjam-jam sudah dialihkan ke beberapa Embarkasi di Indonesia, sehingga tiba di bandara King Abdul Aziz jamaah langsung berangkat menuju Makkah. Olehnya, jamaah kami arahkan untuk langsung mengenakan pakaian ihram sejak di bandara Balikpapan,” jelas Isnaeni, melalui sambungan telepon, Kamis 2 Agustus 2018.

Ditambahkannya, pada tahun-tahun sebelumnya proses imigrasi di Bandara Jeddah dapat memakan waktu hingga 5-6 jam. Dengan kebijakan baru tersebut, maka JCH tidak akan menghabiskan waktu lebih lama di bandara Jeddah.

“Jadi tahun ini tidak akan menghabiskan waktu sebagaimana tahun-tahun sebelumnya,” tandasnya.

(abr/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.