Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

JCH Masuk Asrama, Keluarga Hanya Mengantar Sampai Gerbang

0 421

PALU EKSPRES, PALU – Ratusan Jamaah Calon Haji (JCH) asal Sulteng yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 5 Embarkasi Balikpapan (BPN), mulai masuk ke Asrama Haji transit Palu, Selasa 31 Juli 2018.
Jamaah kloter 5 BPN masing-masing berasal dari Kota Palu, Kabupaten Tojo Unauna, Kabupaten Donggala dan Kabupaten Sigi. Para keluarga yang mengantar jamaah hanya dibatasi hingga pintu gerbang Asrama Haji. Suasana haru terlihat ketika jamaah dilepas oleh keluarga masing-masing di pintu masuk Asrama Haji.

Setelah masuk asrama, jamaah kemudian disambut petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Sulteng, untuk diarahkan menuju meja registrasi. Selanjutnya, satu per satu jamaah diarahkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan barang bawaan oleh petugas PPIH lainnya.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, Luthfi Yunus menerangkan, persiapan terkait pelayanan keberangkatan dan pemulangan haji oleh panitia sudah dilakukan secara matang, demi memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah.

“Persiapan dokumen, sarana dan prasarana asrama haji, konsumsi, transportasi dan layanan kesehatan Alhamdulillah sudah terlaksana dengan baik, walaupun mungkin masih ada hal-hal yang kurang, yang perlu kita perbaiki untuk tahun-tahun akan datang,” kata Luthfi, di sela-sela peninjauan kedatangan JCH di Asrama Haji Palu.

Terkait persiapan perjalanan jamaah asal Sulteng, Luthfi optimistis jamaah asal Sulteng sudah sangat memahami petunjuk-petunjuk yang telah diberikan, melalui bimbingan-bimbingan manasik haji. Disebutkannya, jamaah asal Sulteng telah diberikan bimbingan manasik haji oleh Kemenag masing-masing sebanyak delapan kali di tingkat Kecamatan melalui KUA, dan dua kali di tingkat Kabupaten dan Kota.

Selain manasik yang disiapkan Kementerian Agama, ada beberapa jamaah yang melakukan manasik secara mandiri, serta pra manasik yang dilaksanakan oleh pihak bank penerima setoran haji.

“Insyaallah pelaksanaan pemberangkatan dan pemulangan kali ini, PPIH Sulteng bersama Kanwil Kemenag dan Pemprov bisa melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik, sehingga kita bisa memuaskan layanan terhadap jamaah,” tandas Luthfi.

Selanjutnya, JCH asal Sulteng yang tergabung dalam kloter 5 BPN dijadwalkan berangkat menuju Embarkasi Balikpapan pada Rabu 1 Agustus 2018, selanjutnya menuju Jeddah pada Kamis 2 Agustus 2018. Secara umum, JCH asal Sulteng terbagi dalam 5 kloter, yakni kloter 5, 6, 7, 8, dan 9 BPN. Masing-masing kloter terdiri dari 450 orang dan 5 orang petugas, kecuali kloter 9 yang berjumlah 206 orang yang bergabung dengan jamaah lain asal Provinsi Kalimantan Timur.

(abr/Palu Ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.