Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Warga Parimo Diberi Pelatihan Mengolah Ikan Bandeng

0 979

PALU EKSPRES, PARIGI – Sebanyak 30 orang warga di Kabupaten Parigi Moutong diberi pelatihan tentang teknik pengolahan ikan bandeng menjadi berbagai macam produk yang bernilai tambah, Rabu (25/7/2018), bertempat di tempat pelelangan ikan (TPI) Petapa Kecamatan Parigi Tengah.

Pelatihan yang dilaksanakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Bitung (BPPP), sebagai unit pelaksana teknis pusat pelatihan dan penyuluhan Kelautan dan Perikanan ini, dibuka oleh Bupati Parigi Moutong diwakili Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Parimo, Sabaruddin Kilis.
BPPP Bitung Sulawesi Utara sebagai organisasi penyelenggara masing-masing, Ir Janetie Waatung MSi (Kepala Balai), Jean L.H Rotinsulu, S.Sos (Sekertaris) dan Frine F.Tuju SPi, MSi.
Menurut Kepala BPPP Bitung, Janetie Waatung, terpilihnya Kabupaten Parigi Moutong sebagai tempat pelaksanaan pelatihan mengolah ikan bandeng, karena dinilai daerah tersebut merupakan salah satu Kabupaten yang telah menjadi prioritas penerima bantuan alat perikanan tahun 2017- 2018, dengan salah satu komoditi andalan ikan bandeng.

“Ikan bandeng produk petambak di Kabupaten Parigi Moutong mulai memasuki pasar ekspor, sehingga layak kami tempatkan sebagai lokasi pelatihan pengolahan ikan bandeng, seperti cara pembuatan bandeng cabut duri, pembuatan bandeng duri lunak, bandeng isi serta pembuatan bandeng Krispy,” ujarnya.

Dia mengatakan, permintaan hasil perikanan yang tinggi ternyata tidak hanya berasal dari perikanan laut, tetapi perikanan air tawar juga mengalami hal yang sama.

Salah satu jenis ikan air tawar yang menjadi prospek baik dan sangat diminati di pasar, kata dia, adalah ikan bandeng. Sehingga setiap tahun permintaan ikan bandeng selalu mengalami peningkatan, baik untuk konsumsi lokal, ikan umpan bagi industry perikanan tuna, maupun untuk pasar ekspor.

Peluang inilah sehingga BPPP Bitung sebagai Unit Pelaksana Teknis Pusat pelatihan dan penyuluhan Kelautan dan Perikanan, merasa perlu untuk menyelenggarakan pelatihan pengolahan ikan bandeng di Kabupaten Parigi Moutong dalam meningkatkan kesejahteraan hidup sebagai pelaku utama di Parimo.

Sekaitan hal itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Parimo, Sabaruddin Kilis yang ditemui usai kegiatan mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi peserta untuk mengolah ikan bandeng. Karena dinilai daerah ini merupakan penghasil ikan bandeng di Sulteng dengan luas wilayah panen kurang lebih 3.362 hektar dan produksi sebesar 12.335,3 Ton serta produktivitas 3,6 Ton per hektar.

“Jadi seluruh kegiatan ini berasal dari biaya penyelenggaraan pelatihan pengolahan ikan bandeng yang dibebankan kepada DIPA Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Bitung tahun anggaran 2018,” terangnya.

(asw/palu ekspres).

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.