Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

SDIT Al-Fahmi Halal bi Halal Sekaligus Wisuda Hafalan

0 346

PALU EKSPRES, PALU – Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Fahmi menggelar Halal bi Halal sekaligus wisuda hafalan juz 30 para santri, Sabtu 21 Juli 2018. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh warga sekolah, bersama orang tua santri serta pejabat mewakili Dinas Pendidikan Kota Palu.

Usai penyampaian hikman Halal bi Halal, para santri yang telah hafal juz 30 dipasangi selempang serta diberikan miniatur mahkota oleh pihak sekolah. Selanjutnya, mahkota tersebut dipasangkan langsung oleh para santri, kepada orang tuanya masing-masing.

Kepala SDIT Al-Fahmi, Rahmawati Ottoluwa menjelaskan, prosesi pemasangan mahkota tersebut dilakukan untuk menggambarkan, bahwa di hari akhir nantinya, para penghafal Alquran akan memasangkan mahkota permata kepada para orang tuanya.

Pada prosesi wisuda tersebut melibatkan sebanyak 31 orang santi, yang berasal dari kelas V. Rahmawati menyebutkan, di antara para santri sudah ada yang memiliki hafalan lebih dari 1 juz, tetapi yang diwisuda pada kegiatan Halal bi Halal tersebut khusus untuk hafalan juz 30.

“Selama anak-anak sekolah 6 tahun, mereka kami harapkan bisa hafal minimal 3 juz. Alhamdulillah, dalam pelulusan baru-baru ini, santri yang dapat bintang hafalan hafalannya 6 juz dan semuanya berhasil memenuhi target 3 juz,” kata Rahmawati.

Ia juga menjelaskan, kegiatan Halal bi Halal merupakan sarana bagi seluruh warga sekolah dapat bersilaturrahim dan saling mengenal lebih jauh, baik dengan sesama dengan warga sekolah, para orangtua santri, pengurus yayasan serta komite. Hal ini dilakukan, sebagai upaya untuk membangun kebersamaan, yang nantinya diharapkan dapat membawa kemajuan bagi sekolah.

“Selain itu, kita juga berharap adanya sinergitas antara upaya sekolah dengan dukungan orangtua. Salah satunya agar anak-anak kita ini makin diintensifkan untuk berinteraksi dengan Alquran. Kita perlu juga pembinaan di rumah, agar hafalan anak-anak ini tetap terjaga,” jelasnya.

(abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.