oleh

MTsN 4 Target Raih Predikat Lomba UKS Nasional

PALU EKSPRES, PALU – Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 (MTsN 4) Kota Palu menargetkan dapat meraih predikat, pada Lomba Sekolah Sehat (LSS)/Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat Nasional tahun ini. Hal ini disampaikan Kepala MTsN 4 Kota Palu, Asra J.A Pakai, saat ditemui di ruang kerjanya, Sabtu 21 Juli 2018.

“Targetnya mudah-mudahan bisa mendapat salah satu predikat di tingkat nasional,” kata Asra.

MTsN 4 Kota Palu merupakan salah satu dari empat sekolah yang berhasil meraih predikat terbaik, pada lomba UKS tingkat Provinsi sebelumnya. Untuk lomba di tingkat nasional, tim penilai dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan serta Kementerian Agama, telah mendatangi madrasah yang berada di Kelurahan Taipa tersebut, pada Kamis 19 Juli 2018.

“Pada penilaian tersebut semua lingkungan Madrasah dinilai, baik fisik dan nonfisik. Dilihat bagaimana kebersihan dan kesehatannya,” ujar Asra.

Ia menuturkan, pihaknya sudah berupaya memenuhi syarat-syarat penilaian kebersihan dan kesehatan lingkungan Madrasah. Di antaranya melengkapi jumlah toilet yang sesuai dengan perbandingan jumlah siswa, serta beberapa kelengkapan fasilitas lainnya yang memenuhi unsur sehat dan tidak memancing penyakit.

“Selain itu kita juga programkan kantin layak sehat, yang menyediakan makanan yang memenuhi standar gizi, dan tidak lagi menjual makanan cepat saji. Di kelas-kelas juga diupayakan tidak ada lagi sampah yang berserakan,” kata Asra lagi.

Pemenuhan standar kebersihan dan kesehatan tersebut, tegas Asra, tidak hanya dilakukan karena untuk mengikuti lomba semata. Tetapi hal tersebut dilakukan, sebagai bagian dari pendidikan meningkatkan kesadarang kepada seluruh warga Madrasah, serta pembentukan karakter siswa. Hal ini bahkan disebutkannya, telah diprogramkan dalam setiap mata pelajaran.

“Ini kita programkan di tiap mata pelajaran. Para guru ditekankan pada pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) harus menyinggung tentang kebersihan dan kejujuran. Selain itu, para siswa kita juga dorong untuk membaca buku-buku tentang kesehatan di perpustakaan,” jelasnya.

Usai penilaian pertama yang dilakukan oleh tim dari tiga Kementerian, selanjutnya akan ada verifikasi lanjutan. MTsN 4 Kota Palu kata Asra, diminta untuk menambah koleksi bacaan tentang kesehatan di perpustakaan.

Sebelumnya, Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, Dr. H. Rusman Langke, yang turut mendampingi tim penilai dari pusat, memberikan apresiasinya kepada MTsN 4 Kota Palu yang menurutnya telah membanggakan Provinsi Sulteng.

“Semoga MTsN 4 bisa berprestasi ke tingkat nasional. Ini suatu kebanggaan bagi kita di Sulawesi Tengah khususnya Kota Palu karena ada MTs yang mewakili ke nasional,” ujar Rusman.

Ia menegaskan, madrasah atau sekolah sehat merupakan program yang sangat bagus dan mendidik para peserta didik untuk membiasakan hidup sehat. Ke depan ia mendorong untuk secara umum meningkatkan standar nasional pendidikan pada aspek sarana dan prasarana, sesuai dengan semboyan “Madrasah Hebat Bermartabat, Prestasi Yes.”

“Mari kita tingkatkan kinerja demi generasi kita, untuk menuntut ilmu pengetahuan di Madrasah yang kita cintai,” tandas Rusman.

(abr/Palu Ekspres)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed