oleh

Jokowi sudah Kuat, Kenapa Dibela

PALU EKSPRES, PALU – Jokowi itu orang paling kuat di seantero bumi Indonesia, kenapa harus dibela. Apa yang membuat barisan advokat harus membela penguasa? Pertanyaan itu nyerocos begitu saja, saat sesi tanya jawab antara wartawan dan puluhan advokat Kota Palu dalam deklarasi Tim Pembela Jokowi, di Restoran Foodie, Sabtu 21 Juli 2018. Pertanyaan kritis sejumlah jurnalis yang memenuhi restoran di Jalan Hasanudin ini dialamatkan kepada para deklarator Tim Pembela Jokowi usai mendengar paparan tim, bahwa Jokowi harus dijaga, harus dibela kehormatannya dari serbuan hoaks yang ditujukan kepadanya. Pertanyaan wartawan tidak berhenti di situ. Pasalnya, informasi palsu tidak hanya ditujukan kepada Jokowi. Lawan politik Jokowi juga mengalami hal yang sama. ”Pada posisi seperti itu, bagaimana sikap advokat dan tim pembela. Bahkan pada saat tertentu, produksi hoaks bisa saja datang dari kekuasaan,” tanya wartawan.
Tidak ada jawaban konkret atas pertanyaan sejumlah wartawan tersebut. Namun Julianer Aditia Warman SH, Ketua Tim Pembela Jokowi Nasional, mengatakan, pihaknya berdiri bersama Jokowi adalah untuk membela demokrasi. Demokrasi akan bermasalah jika informasi palsu yang menyerang marwah dan kehormatan presiden sebagai kepala pemerintahan dan dan kepala negara dibiarkan tanpa ada yang meluruskannya secara hukum. ”Di posisi itulah kami berada,” katanya.
Di tempat yang sama, Deklarator Arief Sulaiman menjelaskan, sesuai dengan profesi mereka sebagai advokat, pihaknya akan terus membela Jokowi dalam koridor hukum. Mempertahankan, menjaga dan memelihara martabat presiden dari berbagai tindakan penghinaan dan perbuatan tercela lainnya. Komitmen itu kata dia, sebagai bentuk kontribusi dan tanggungjawab sebagai warga negara dalam membangun tradisi hukum dan politik demokrasi yang berkeadaban.

(kia/palu ekspres)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed