Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Hanya 14 Parpol Daftarkan Bacalegnya di KPU Parimo

0 219

PALU EKSPRES, PARIGI– Pengajuan Bakal Calon Legeslatif (Bacaleg) dari 16 Partai politik peserta Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, PSI menjadi parpol yang terakhir mendatangi KPU Parimo untuk mendaftarkan Bacalegnya. Sedangkan Partai Garuda dan PKPI, tidak datang sama sekali ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Parigi Moutong.

“Hari ini terakhir Partai Politik mengajukan Bacalegnya, dan untuk Parigi Moutong 14 Partai Politik yang mengajukan calonnya untuk menjadi calon legeslatif di Parigi Moutong,” kata Ketua KPU Parimo, Amelia Idris kepada Palu Ekspres, Rabu (18/7/2018) dini hari.

Dia mengatakan, dari 16 Partai Politik yang sudah ditetapkan Mahkamah Konstitusi (MA) sebagai peserta Pemilu tahun 2019, hingga di detik-detik terakhir tahapan pengajuan Bacaleg yang dibuka oleh KPU Parimo, Partai Garuda dan PKPI tidak mendaftarkan Bacelegnya.

“Saya kira ini sudah pukul 24.00 Wita dan ini sudah selesai, serta bisa dipastikan kedua partai ini, tidak lagi mengajukan bacalegnya untuk berpartisipasi pada Pemilu di Parigi Moutong,” terangnya.

Lanjut dia, terkait dengan Peraturan KPU Nomor: 20 tahun 2018 tentang pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota, yang melarang bekas narapidana kasus korupsi, narkoba dan pelecehan seksual terhadapt anak. Ia mengaku KPU Parimo belum melakukan verifikasi dokumen perorangan.

Amelia berharap, Bacaleg yang telah diajukan oleh 14 Partai Politik tidak terdapat mantan narapidana. Misalkan itu ada katanya, harus sesuai dengan ketentuan Peraturan KPU 20 tentang pencalonan, mantan narapidana juga harus mengumumkan serta ada surat keterangan dari Lembaga Pemasyarakatan.

“Itu yang harus dipenuhi oleh Bacaleg mantan narapidana. Sejauh ini, dokumen syarat calon yang diajukan oleh partai Politik baru dua hari terakhir, kami masih melakukan penelitian adminitrasi. Jadi belum ada kami dapatkan yang seperti itu,” pungkasnya.

(asw/palu ekspres).

 

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.