Bacaan Utama Masyarakat Sulteng

Matsama di MAN IC Palu, Ini Pesan Kakanwil Kemenag Sulteng

0 603

PALU EKSPRES, PALU – Pelaksanaan Masa Taaruf Siswa Madrasah (Matsama), menurut Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng, Dr. H. Rusman Langke harus menjadi ajang pengenalan kebersamaan bagi seluruh pihak terkait di dalam Madrasah.

Penekanan ini disampaikannya, saat membuka pelaksanaan Matsama tahun ajaran 2018/2019 di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Kota Palu, Senin 16 Juli 2018.

“Setiap tahun ada orientasi pengenalan, agar terjadi kebersamaan, kekeluargaan dan kolaborasi antara tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, pengasuh asrama, serta para peserta didik lama dan yang baru datang,” kata Rusman.

Menurutnya, dengan adanya kebersamaan dan kolaborasi yang dimulai sejak masa taaruf, dapat menggembirakan proses belajar di Madrasah ke depannya. Hal ini nantinya akan mendukung proses transfer ilmu pengetahuan kepada para siswa.

“Ilmu pengetahuan kalau kita pelajari dan dalami dengan senang hati, maka Insyaallah Allah akan berikan kita ilmu pengetahuan begitu mudah, masuk ke alam pemikiran kita masing-masing,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan beberapa pesan kepada para siswa yang menempuh pendidikan di madrasah. Salah satunya, para penuntut ilmu harus menanamkan nilai kesabaran dan keikhlasan, agar dapat meraih cita-cita yang diinginkan.

“Perlu kesabaran dan keihklasan. Kalau tidak, kita pasti tidak akan mencapai cita-cita yang kita harapkan di kemudian hari. Karena untuk mencapai sesuatu di kemudian hari, kita harus bersusah-susah dahulu bersenang-senang kemudian,” tandasnya.

(abr/palu ekspres)

Tinggalkan balasan

Email tidak akan dipublikasikan.