oleh

Longki Jamin Bacaleg Gerindra Sulteng Bebas Mantan Koruptor

PALU EKSPRES, PALU – Ketua Dewan Pimpinan Daerah partai Gerindra Sulawesi Tengah (Sulteng), H Longki Djanggola menjamin tak ada bekas koruptor dalam daftar bakal calon legislator (Bacaleg) yang diajukan Gerindra untuk DPRD Sulteng.

Penegasan itu ia sampaikan setelah dirinya resmi mendaftarkan partai Gerindra Sulteng
sebagai peserta Pemilu 2019, Minggu 15 Juli 2018.

Kepada wartawan, Longki menyebut, pihaknya telah menjalankan seleksi secara internal secara baik. Sesuai dengan syarat-syarat yang ditentukan dalam peraturan yang berlaku.

Bukan hanya mantan koruptor, seleksi Bacaleg Gerindra menurut dia juga ketat terhadap dua larangan lainnya. Yaitu bekas pengguna narkoba maupun orang-orang yang pernah terlibat pada kekerasan anak.

“Semuanya sudah kami periksa dan seleksi. InsyaAllah Caleg kami dari Gerindra Sulteng terhindar dari semua itu,”ujar Longki optimis.

Bacaleg yang diajukan untuk DPRD Sulteng kata Longki dalam formasi penuh. Artinya jumlah Bacaleg sesuai dengan jumlah kursi dari setiap daerah pemilihan (Dapil). Demikian halnya dengan keterwakilan perempuan.

“Kalau formasi Caleg kita penuh. Dan kalau caleg perempuan, ada satu Dapil yang bahkan melebihi persentase yang ditentukan. Itu juga terjadi untuk wakil perempuan di DPR RI,”terangnya.

Dia menjelaskan, pengajuan syarat calon dan syarat pencalonan baru sebatas untuk kelengkapan lima syarat utama. Kelengkapan syarat lainnya alan dipenuhi setelah proses verifikasi administrasi.

Dia berharap semua Bacaleg yang diajukan bisa lolos verifikasi.

“Kan masih ada waktu yang diberikan untuk melengkapi syarat lainnya,”jelas Longki.

Diapun mengaku Gerindra mematok target perolehan suara untuk DPRD Sulteng sebanyak dua kursi setiap Dapil. Menurutnya, semua partai punya prinsip yang sama untuk meraup suara sebanyak-banyaknya.

“Kalau sekarang dari enam Dapil kita punya masing-masing satu kursi. Kedepan kita target dua kursi dari setiap Dapil.

“Kami akan berusaha. Itu berat tapi kita punya target. Dan ini semua prinsip bagi semua partai,”tandasnya.

Gerindra sendiri tercatat sebagai partai kedua yang mendaftarkan diri di KPU Sulteng sejak dibuka Rabu 4 Juli 2018 silam. Pendaftaran peserta Pemilu dibuka sejak Rabu 4 Juli sampai Selasa 17 Juli 2018.

Pendaftaran DPD Gerindra Sulteng dipimpin langsung H Longki Djanggola. Puluhan pengurus terlihat datang bersama rombongan. Diantaranya Sutrisno Sembiring dan M Yasin.

Berkas pendaftaran diterima langsung Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming dengan komisioner lengkap.

(mdi/palu ekspres).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed